Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpar: Benahi Bandara agar Turis Banyak Datang ke Belitung

Kompas.com - 14/03/2015, 15:53 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

TANJUNG PANDAN, KOMPAS.com - Untuk dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Indonesia, salah satu hal yang dibutuhkan adalah fasilitas bandara yang memadai. Oleh karena itu, untuk mengembangkan pariwisata di Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Bandara H.A.S Hanandjoeddin di pulau ini perlu dibenahi.

"Wisman ke Bangka Belitung hanya 2.000 orang. PAD tidak sampai Rp 300 miliar. Jika wisman 100.000 orang, anggap per wisman habiskan 1.000 dollar AS. Minimal Rp 1 triliun dapat," kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya saat Dialog Pembangunan yang digelar Ikatan Alumni ITB di Tanjung Pandan, Belitung, Sabtu (14/3/2015).

Menpar menuturkan cara untuk menarik lebih banyak kunjungan wisatawan adalah dengan membenahi bandara, salah satunya dengan melakukan perpanjangan landasan pacu (runway).

"Mudah saja asal bandaranya bagus. Yang penting akses. Bandara kalau sudah internasional, maka angka 100.000 wisatawan sangat mudah diraih," ungkapnya.

Rencananya landasan pacu di Bandara H.A.S Hanandjoeddin akan diperpanjang menjadi 2.550 meter pada tahun ini. "Saya usulkan (perpanjang) 2.800 meter, jadi bisa jet besar masuk. Kalau itu terjadi angka kunjungan wisman 100.000 (wisatawan) bisa dapat. Targetnya wisman 100.000 untuk Babel," tambah Arief.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com