Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obyek Wisata Melimpah, Kolaka Gandeng ITS

Kompas.com - 14/03/2015, 18:39 WIB
Kontributor Kolaka, Suparman Sultan

Penulis

KOLAKA, KOMPAS.com - Kota Kolaka adalah salah satu daerah yang ada di Sulawesi Tenggara. Daerah ini juga salah satu daerah yang memiliki obyek wisata beragam, mulai dari wisata budaya, laut, darat hingga wisata sejarah. Semua ada di daerah yang juga disebut sebagai "wonua sorume" ini. Misalnya wisata budaya, terdapat makam Raja Sangia Nibandera, di mana masa pemerintahan raja ini adalah masa peralihan kepercayaan animisme ke agama Islam. Sehingga selain cocok untuk wisata budaya, bisa juga dijadikan wisata religi untuk mengetahui asal muasal masuknya ajaran Islam di Kolaka. Wisata budaya itu sebagian kecil dari masih banyak lagi obyek wisata di Kolaka.

Sadar akan potensi wisata yang melimpah, Bupati Kolaka Ahmad Safei mengatakan pihaknya menjadikan sektor pariwisata salah satu sektor investasi di Kolaka. “Wisata kita di Kolaka sangat melimpah maka dari itu peluang investasi di sektor wisata ini sangat besar. Dan kami juga memberi kemudahan investor untuk menanamkan modal, misalnya gratis segala bentuk perizinan,” katanya kepada Kompas Travel, di Kolaka, Sabtu (14/3/2015).

Hal ini juga diperjelas oleh Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kolaka, Hasminto Dahlan, di mana dalam pengembangan obyek wisata, Pemda Kolaka akan bekerja sama dengan Institut Tehnologi Surabaya (ITS) sebagai konsultan pengembang di bidang pariwisata. “Kita membuka diri untuk seluruh pihak guna mengembangkan wisata di Kolaka. Termasuk nanti melibatkan ITS,” katanya.

Menurut Hasminto, ada sejumlah obyek wisata air tawar dan pesisir pantai yang juga menjadi prioritas untuk dikembangkan. “Contohnya Sungai tamborasi, wisata air tawar ini berbeda dengan wisata serupa di seluruh dunia. Misalnya jarak hulu ke hilir hanya beberapa meter saja, atau dijuluki sebagai sungai terpendek di dunia. Airnya yang begitu dingin yang langsung keluar dari mata di bawah bebatuan gunung,” katanya.

Hasminto menambahkan, siapa saja yang berwisata di Kolaka akan merasakan keberagaman obyek wisata yang ada. Dia pun berani menjamin pelancong tidak akan rugi jika datang ke Kolaka karena daerah ini memiliki banyak obyek wisata yang indah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com