Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Padang Benahi Obyek Wisata Batu Malin Kundang

Kompas.com - 15/03/2015, 09:35 WIB

PADANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) akan membenahi obyek wisata Batu Malin Kundang yang terletak di Pantai Air Manis, Kecamatan Padang Selatan.

"Kami ingin Batu Malin Kundang kembali menjadi salah satu primadona wisata di daerah ini, dan hal itu harus didukung dengan menjaga obyek tersebut akan tetap terjaga keberadaannya," kata Wakil Wali Kota Padang, Emzalmi di Padang, Sabtu (14/3/2015).

Emzalmi mengungkapkan dari hasil peninjauan yang dilakukan pihaknya, kondisi Batu Malin Kundang sudah mulai tertimbun pasir, dan sebagian dari obyek wisata tersebut juga mengalami kerusakan.

Dia menilai penyebab tertimbun Batu Malin Kundang oleh pasir yakni karena aliran sungai yang tersumbat karena tertimbun pasir di sekitar batu obyek wisata tersebut. Untuk itu, lanjut Emzalmi, pihaknya dalam waktu dekat akan mendatangkan alat berat untuk mengeruk alur sungai tersebut, sehingga posisi Batu Malin Kundang itu kembali seperti semula.

Selain itu, keberadaan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang ada di sekitar obyek wisata tersebut akan ditata ulang. "Kami akan memindahkan PKL ke tempat yang lebih baik agar pemandangan di sekitar Batu Malin Kundang kembali menarik," katanya.

Sementara itu, Ketua Badan Pengelola Obyek Wisata (BPOW) Pantai Air Manis, Syahrul mengatakan pihaknya setuju jika pantai itu dibenahi. Untuk melakukan itu semua perlu dilakukan sosialisasi dan pendekatan kepada masyarakat sekitar, terutama para pedagang di sepanjang pantai.

"Kami juga mengharapkan jalan dan lahan parkir juga ikut dibenahi, hal itu akan menjadi sarana pendukung obyek wisata Batu Malin Kundang," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com