Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raffles Hadir di Jakarta

Kompas.com - 17/03/2015, 10:12 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hotel Raffles yang legendaris kini hadir di Jakarta. Hotel Raffles Jakarta berdiri di kawasan bisnis, Kuningan, Jakarta. Secara lokasi, hotel ini berada di Ciputra World, Jalan Prof. Dr. Satrio, Jakarta.

"Raffles Jakarta merupakan properti ke-12 dari Raffles Hotel and Resort. Hotel pertamanya di Singapura berdiri tahun 1887. Padahal jarak Singapura dan Jakarta, hanya satu jam penerbangan, tapi perlu 128 tahun bagi kami untuk sampai di Jakarta," kata Vice President Hotels Openings & Integration - FRHI Hotels & Resorts, Thomas Meier, saat peluncuran hotel bagi media, di Jakarta, Senin (16/3/2015).

Operator hotel ini sebelumnya memiliki 12 hotel dan resor di bawa naungan Hotel Raffles Singapura, yaitu di Tiongkok, Kamboja, Filipina, Seychelles, Saudi Arabia, Dubai, Paris, Istanbul.

Raffles Hotels and Resorts adalah bagian dari FHRI Holdings Ltd, sebuah perusahaan hotel global dengan lebih dari 110 hotel dan resor di bawah nama Raffles, Fairmont, dan Swissotel.

Menurut General Manager Raffles Jakarta Richard Schestak, Raffles terkenal dengan pelayanannya yang khas dan kemewahannya. Dengan kehadiran Raffles Jakarta sebagai hotel Raffles pertama di Indonesia sekaligus terdekat dengan hotel pertama Raffles yaitu Raffles Singapura.

"Hotel ini hadir dengan pelayanan legendaris khas Raffles namun dengan sentuhan modern. Serta dengan konsep penuh karya seni Hendra Gunawan," ungkap Schestak.

Sementara itu, Director of Marketing Communications Raffles Jakarta Viana Igah menjelaskan bahwa secara lokasi, hotel ini dekat dengan pusat perkantoran, apartemen, dan terhubung pula dengan Ciputra Artpreneur Centre dan pusat perbelanjaan.

"Hotel ini ada 173 kamar dan suite," tutur Viana.

Kamar paling standar yaitu Raffles Room memiliki luas 60 meter persegi. Walau kamar standar, namun kesan yang didapat seperti tipe junior suite. Sebab, ada pintu pembatas yang memisahkan antara ruang tidur (bed room) dan living room.

KOMPAS.COM/NI LUH MADE PERTIWI F The Writers Bar di Hotel Raffles, Ciputra World, Jalan Prof. Dr. Satrio, Jakarta.

Fasilitas hotel antara lain restoran dan bar, salah satunya The Writers Bar, bar dengan nama yang sama seperti di Raffles Singapura. Bar ini dipandang legendaris karena dipersembahkan bagi penulis yang pernah menginap dan menulis tentang hotel itu.

Restoran lainnya adalah Arts Cafe. Menurut Viana akan ada dua restoran lagi yang buka di 2015. Sebagai hotel bisnis, hotel ini juga dilengkapi ballroom seluas 2.500 meter persegi dan ruangg-ruang rapat.

Fasilitas hotel lainnya adalah spa, kolam renang untuk dewasa dan anak-anak, ruang bermain anak, pusat kebugatan, teras yoga, lapangan tenis, dan trek jogging sepanjang 300 meter di taman.

Tentu yang tidak ketinggalan adalah Raffles Butler yang menjadi ciri khas semua hotel Raffles. Pelayanan penuh kemewahan ini bisa hadir berkat Raffles Butler.

Setiap kamar mulai dari kamar standard hingga suite, akan dilayani butler. Butler akan membantu tamu melakukan proses check-in, hingga urusan mengemas barang bawaan. Juga pelayanan seperti penyemiran sepatu, setrika baju, membuatkan kopi dan teh, sampai membawakan sarapan ke kamar. Bahkan memilihkan bantal sesuai kebutuhan tamu.

Khusus mulai tipe kamar suite Gallery, selain breakfast, tamu juga mendapatkan afternoon tea, evening cocktail, 24 jam pelayanan oleh butler, kopi dan teh, dan gratis minibar untuk minuman non-alkohol.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com