Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Berkunjung ke Tanjung Lesung

Kompas.com - 17/03/2015, 12:15 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

PANDEGLANG, KOMPAS.com– Indonesia beruntung memiliki garis pantai yang memanjang dengan pemandangan yang luar biasa indahnya. Hampir di setiap sudut pulau di nusantara, pasir pantai terhampar luas. Salah satu pantai yang telah cukup dikenal bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya adalah Pantai Tanjung Lesung.

Tanjung Lesung terletak 180 kilometer di sebelah barat Kota Jakarta. Wisatawan dapat mencapai Tanjung Lesung  melalui Tol Tangerang-Merak, Serang, Pandeglang, Labuan, dan Panimbang. Nuansa hijau pepohonan berpadu dengan pasir yang membaluri pinggir pantai. Paduan warna-warna itu melukiskan panorama alam yang sempurna.

Di Tanjung Lesung, wisatawan dapat menikmati berbagai pilihan wisata yang ditawarkan. Wisata olahraga air seperti banana boat, kayak laut, dan jetski dapat dilakukan di Beach Club. Jika senang fotografi, kawasan Tanjung Lesung merupakan satu spot yang tepat untuk mendokumentasikan setiap sudut tempat. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan jika berkunjung ke Tanjung Lesung di Kabupaten Pandeglang, Banten.

Bawa Obat Anti Mabuk

Sementara, Tanjung Lesung hanya dapat diakses melalui jalur darat. Jika Anda menggunakan mobil pribadi dari Jakarta, jalan tol pasti akan dilewati. Ketika memasuki Kabupaten Pandeglang, jalan akan naik, turun, dan berkelok-kelok sehingga akan mengguncangkan tubuh Anda. Guncangan tersebut akan membuat Anda mengalami mabuk perjalanan. Salah satu cara untuk mencegah mabuk darat adalah meminum obat anti mabuk sebelum perjalanan.

KOMPAS/ANGGER PUTRANTO Seorang wisatawan merasakan sensasi berenang bersama ikan badut yang bersembunyi di antara anemon. Sensasi ini bisa ditemukan saat melakukan selam permukaan (snorkeling) di sekitar perairan Pulau Pahawang, Lampung. Pulau itu memiliki wisata alam bawah laut yang menjadi daya tarik tersendiri. Wisatawan bisa melihat indahnya gugusan terumbu karang dan aneka ikan hias di kedalaman 2 meter.

Alat dasar selam

Di sekitar Tanjung Lesung terdapat beberapa spot penyelaman yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan. Titik penyelaman tersebut berlokasi di Batu Pemecahan, Pulau Liwungan, di sekitar Beach Club, bahkan juga di sekitar Taman Nasional Ujung Kulon. Jika Anda tidak ingin menyewa alat dasar selam di lokasi, Anda dapat membawa alat-alat berupa fin (kaki katak), masker, snorkel, dan pelampung.

Bawa Makanan Ringan

Berwisata rasanya kurang lengkap jika tidak membawa makanan ringan untuk menemani ketika berjalan-jalan. Di dalam Tanjung Lesung, Anda akan kesulitan untuk menemukan toko atau warung yang menjajakan makanan ringan. Anda harus keluar terlebih dahulu menuju pintu gerbang utama untuk dapat membeli makanan ringan. Jika tidak ingin kesusahan untuk mencari makanan ringan, persiapkan bawaan ini sebelum Anda tiba di kawasan wisata Tanjung Lesung. Anda akan melewati minimarket atau warung-warung kecil yang menjual kebutuhan Anda.

Baju Ganti

Bermain di pantai dan laut, tidak sah jika pakaian Anda tidak basah. Di sepanjang kawasan Tanjung Lesung, garis pantai memanjang indah siap memanjakan liburan Anda. Anda dapat berjalan menyusuri pantai dan menikmati matahari terbenam. Di Beach Club menawarkan wisata olahraga air seperti banana boat, kayak laut, hingga snorkeling. Nah berarti, Anda akan berbasah-basah ria sambil menikmati petualangan di alam yang asri ini. Jangan lupa untuk membawa baju ganti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com