Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar "Blogging" Sambil Jalan-jalan di Semarang, Mau?

Kompas.com - 17/03/2015, 20:08 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Para travel blogger Indonesia akan berkumpul bersama di Semarang 28-29 Maret 2015 nanti untuk belajar mengenai travel blogging.  Sejak berkembangnya dunia pariwisata Indonesia, kegiatan blogging dengan tema khusus yaitu travel makin merebak di dunia maya. Bermodalkan website yang dapat dibuat secara cuma-cuma, penulis blog atau dikenal dengan istilah blogger dapat menulis tentang informasi tentang pariwisata.

“Kemunculan travel blog disambut hangat oleh para penggemar jalan-jalan. Lewat travel blog, pembaca bisa mendapatkan berbagai macam informasi, tergantung karakter dan konsep blog tersebut,” kata Vira Zoelfikar, Ketua Pelaksana #TravelnBlog 3, dikutip dari siaran pers yang diterima Kompas Travel di Jakarta, Senin (16/3/2015).

Vira mengatakan bahwa dunia jalan-jalan semakin meriah dan kebutuhan akan informasi dan referensi seputar jalan-jalan meningkat. Hal tersebut meliputi informasi praktis tentang transportasi, akomodasi, dan dana yang harus dipersiapkan, hingga kesan-kesan yang mungkin dialami di destinasi-destinasi tertentu.

TravelnBlog Peserta sedang belajar menulis di event TravelnBlog 1 di Jakarta Juni tahun lalu.

“Acara workshop kecil bertajuk #TravelnBlog ini meliputi tentang membuat, mengisi, hingga memasarkan travel blog. Topik yang dibahas adalah mengemas cerita, travel fotografi, mengelola blog, membangun blog, dan talkshow,” ucapnya.

Terkait dengan pariwisata Indonesia, salah satu pemilik blog www.indohoy.com ini berharap travel blogging dapat berkembang dan semakin banyak yang menulis tentang wisata di Indonesia dan mempromosikannya.

Sebelumnya, #TravelNBlog pertama kali diadakan di Jakarta pada bulan Juni 2014, lalu #TravelNBlog kedua di Bandung pada bulan Desember 2014. Acara yang juga didukung oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah ini, setiap tahun selalu diminati oleh para peserta.

Vira menuturkan acara workshop yang diadakan di Gedung TIC (Tourism Information Center), Jalan Pemuda 147, Semarang nantinya dilengkapi dengan jalan-jalan bersama ke gedung ikonik Lawang Sewu, serta keliling Kota Lama naik bus tingkat Semar Jawi yang baru mulai beroperasi di bulan ini.

Para travel blogger yang akan mengisi acara workshop ini adalah Arif Rahman (backpackstory.me), Vira dan Mumun (indohoy.com), Firsta Yunida (discoveryourindonesia.com), Wira Nurmansyah (wiranurmansyah.com), Lucia Nancy (lucianancy.com), dan Vindhya Sabnani (ibupenyu.com).

“Kita berharap para travel blogger menuliskan pengalamannya first hand dengan jujur. Semakin banyak menulis, semakin banyak potensi wisata yang dituliskan,”tutupnya.

Peminat dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 50.000 yang akan diinvestasikan dalam bentuk makan siang dan camilan. Pendaftaran dan informasi selengkapnya bisa diakses di situs resmi http://travelnblog.net.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com