Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Nyepi, Tamu Hotel Disuguhi "Nasi Megibung"

Kompas.com - 22/03/2015, 08:20 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

KUTA, KOMPAS.com - Menikmati suasana Nyepi di hotel kawasan Kuta memang memiliki cerita tersendiri. Salah satunya adalah menikmati "Nasi Megibung" di Grand Istana Rama Kuta. Nasi Megibung ini adalah menu nasi campur dengan Berbagai macam sayur dan lauk masakan khas Bali memang salah satu daya tarik hotel untuk menjamu tamunya.

"Enak, menarik, apalagi ada empingnya. Lauknya komplet ada sayur khas Bali, jadi enak aja. Apalagi dinikmati dengan suasana Nyepi, benar-benar menikmati," kata Sukiswan asal Surabaya saat ditemui di Kuta, Sabtu (21/3/2015). (Baca: "Jaja Bali" Masih Primadona hingga Kini

Nasi Begibung berisi makanan khas Bali, sayur urap, sate lilit, sambal tempe kacang kering, telur encit, ayam goreng dan kerupuk emping. Penyajiannya pun diberi alas daun pisan dan tempat sambalnya juga terbuat dari daun pisang. Sungguh sajian yang menarik apalagi kemasan nasinya dibentuk kerucut seperti tumpeng. 

"Kita juga ingin memperkenalkan masakan khas Bali kepada tamu hotel. Tidak hanya wisatawan domestik yang menyukai, wisatawan asing juga banyak yang suka, tamu kita banyak asal Australia, mereka tertarik dan kemudian mencoba menikmati, dan banyak yang suka," kata Umu Kulsun, Asisten Manager Hotel Grand Istana Rama. (Baca: Nasi Jinggo Bali, Sederhana dan Murah Meriah...)

Pada pelaksanaan Nyepi, umat Hindu di Bali melaksanakan brata penyepian yang harus melakukan empat hal di antaranya Amati Geni (tidak menyalakan lampu), Amati Karya (tidak melakukan aktifitas kerja), Amati Lelungan (tidak bepergian) dan Amati Lelanguan (tidak melakukan kegiatan hiburan). Nyepi dilaksanakan mulai 21 Maret 2015 pukul 06.00 Wita hingga 22 Maret 2015 pukul 06.00 Wita sebagai tanda datangnya Tahun Baru Saka 1937.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com