Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Siapkan Rp 11 Triliun untuk Bangun Bandara

Kompas.com - 04/04/2015, 08:04 WIB
Mentari Chairunisa

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan terus berbenah diri meningkatkan layanan dan infrastuktur guna menunjang sektor pariwisata Indonesia.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Suprasetyo mengatakan selama lima tahun terakhir, jumlah penumpang pesawat terus naik tiap tahunnya.

“Jumlah penumpang itu naik 15 persen. Dari tahun 2010 hingga 2014 itu totalnya ada 335 juta penumpang,” kata Suprasetyo saat menghadiri acara Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) 2015 di JCC Senayan, Jumat (3/4/2015).

Suprasetyo merincikan jumlah penumpang pada tahun 2010 sebanyak 52 juta penumpang, tahun 2011 sebanyak 60 juta penumpang, 2012  sebanyak 71 juta penumpang, serta 2013 dan 2014 masing-masing sebanyak 76 juta penumpang.

Namun, Suprasetyo menyayangkan tingginya angka penumpang pesawat terbang tersebut tidak dibarengi dengan kesiapan infrastruktur serta kesiapan penunjang lainnya.

“Sayangnya tidak dibarengi kesiapan infrastuktur dan kesiapan lainnya. Maka dari itu tahun 2015, Kemenhub akan investasi Rp 11 triliun untuk pembangunan bandar udara di seluruh Indonesia,” katanya.

Suprasetyo menjelaskan pembangunan bandara tersebut diutamakan pada daerah-daerah rawan bencana yang tersebar dalam 57 lokasi. Sementara untuk daerah perbatasan sebanyak 26 lokasi. Daerah terisolir sebanyak 49 bandara. Juga sebanyak 14 bandara yang mengalamai perpanjangan landasan pacu dan pembangunan terminal baru.

“Pembangunan bandara itu 100 tiap tahun, pembangunannya, ya. Terus kalau yang baru itu rata-rata 15 per tahun,” tambah Suprasetyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com