Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Tujuan Wisata Utama Masyarakat Sofia

Kompas.com - 04/04/2015, 09:40 WIB
LONDON, KOMPAS.com - Indonesia menjadi salah satu tujuan wisata utama sekelompok masyarakat Bulgaria pecinta jalan-jalan yang tergabung dalam "Tourism Club" yang mengadakan acara di Elleanor's House di pusat kota Sofia yang bertemakan Bali.

Acara tersebut dihadiri Dubes Bunyan Saptomo bersama sekitar 40 undangan dari berbagai latar belakang seperti pengusaha, perancang busana, hakim, pengacara, dan jurnalis dari media populer Bulgaria. Demikian disampaikan Fungsi Pensosbud KBRI Sofia, Dina Martina kepada Antara London, Jumat (3/4/2015).

Acara ini diprakarsai Bilyana Trayanova, jurnalis Bulgaria yang beberapa kali mengunjungi Indonesia dan meliput tempat-tempat wisata di Jawa Timur, Bali, Lombok, Yogyakarta dan Bogor.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Berangkat menuju arena.
Menurut dia program populer "Without Lugage" yang diproduksinya tentang perjalanan ke tempat-tempat eksotis di dunia, menginspirasinya membentuk "Tourism Club". Tujuannya untuk bertukar pengalaman dan informasi bagi mereka yang tertarik dengan perbedaan budaya yang kali ini didedikasikan untuk Indonesia, khususnya Bali.

Dubes Bunyan menjelaskan mengenai Indonesia serta tempat wisata lainnya selain Bali yang tidak kalah cantik, karena sebagian besar masyarakat Bulgaria sudah mengenal Bali dan menyarankan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata sejarah, budaya, pantai di pulau-pulau lainnya.

Dubes menginformasikan mengenai rencana kegiatan pariwisata internasional besar di Bali, yaitu "Bali and Beyond Travel Fair 2015" yang akan diadakan pada 11-14 Juni mendatang, dan berharap anggota klub dapat mengunjungi Bali pada saat penyelengaraan kegiatan tersebut.

KOMPAS IMAGES/DINO OKTAVIANO Tarian Kecak di Kawasan Pura Uluwatu, Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali.
Acara dilanjutkan presentasi Bilyana tentang Indonesia dan Bali dan manajer Ellinor's House, Sali Tupeva yang secara detail menjelaskan tradisi dan budaya masyarakat Bali serta kegiatan perkumpulan bela diri "Sandhi Murti" dengan hal-hal mistis-nya.

Diputar pula video tentang keindahan Pulau Bali hasil liputan tim jurnalis "Without Luggage".

Pada acara "Tourism Club" yang dikemas dengan apik dengan alunan musik tradisional Bali ini, KBRI melibatkan tiga pelajar Kelas Bahasa dan Budaya Indonesia Universitas Sofia. Dengan mengenakan pakaian tradisional Bali, ketiga pelajar menyambut para tamu dan membagikan brosur Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com