Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kolaka Gandeng ITS sebagai Konsultan Pariwisata

Kompas.com - 10/04/2015, 13:20 WIB
Kontributor Kolaka, Suparman Sultan

Penulis

KOLAKA, KOMPAS.com - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dalam waktu dekat akan melakukan pengkajian potensi wisata yang ada di kota Kolaka, Sulawesi Tenggara. Menurut Bupati Kolaka Ahmad Safei dalam waktu dekat pihak ITS akan berkunjung ke kota tersebut guna melihat secara langsung potensi wisata Kolaka.

“Kemungkinan besar itu minggu depan mereka sudah datang di Kolaka. Jadi semua akan dikerjakan. Mulai dari desain kawasan wisata sampai dengan menjual destinasi wisata yang ada di Kolaka. Artinya kita akan sangat terbantu dengan keterlibatan ITS ini. Mereka itu sudah punya jaringan di mana-mana. Bahkan nanti akan ada paket wisata yang tersedia dari beberapa daerah yang ada di Indonesia, termasuk Kolaka di dalamnya,” katanya di Kolaka, Senin (6/4/2015).

Menurut Ahmad Safei, Kolaka akan masuk dalam daftar wisata yang setara dengan daerah-daerah lain. Yang tentunya obyek wisatanya telah lebih awal mengalami kemajuan. “Dari segi keindahan, destinasi kita tidak kalah. Jadi paket perjalanan wisata itu nantinya meliputi Jakarta-Bali-Makassar-Toraja-Kolaka dan Wakatobi. Begitupun sebaliknya. Nah jadi sekali melancong banyak tempat yang bisa dikunjungi,” ujarnya.

Keterlibatan ITS dalam mengembangkan wisata di Kolaka pun dipercaya dapat mendongkrak penghasilan daerah. “ITS kan memang berpengalaman, jadi pastinya harapan kami wisata di Kolaka akan berkembang. Saya berikan contoh ya, kawasan Pantai Kayu Angin. Di sana akan ada lapangan golf yang berbatasan dengan pantai pasir putih. Di lautnya wisatawan bisa diving. Ke depannya lagi ada pulau. Kan sudah langkap. Sekali lagi kenikmatan berwisata bisa kita dapatkan. Dan inilah yang akan diwujudkan melalui kerja sama dengan ITS,” paparnya.

KOMPAS.COM/SUPARMAN SULTAN Sungai Tamborasi, di Kolaka, Sulawesi Tenggara merupakan sungai terpendek di dunia yang dibatasi oleh pasir putih.
Kerja sama antara Pemda Kolaka bersama ITS diharapkan mampu mengubah wajah obyek wisata di Kolaka sehingga semakin menambah pilihan berlibur bagi wisatawan, baik wisatawan dalam negeri maupun dari luar negeri. Kota Kolaka sendiri sebenarnya punya potensi wisata luar biasa. Hanya saja para pelancong belum mengetahui hal ini. Apalagi Kolaka memiliki obyek wisata seperti cerobong asap tua yang dibangun Jepang hingga sungai terpendek di dunia.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com