Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sail Tomini Pintu Masuk Pengembangan Wisata

Kompas.com - 10/04/2015, 18:12 WIB
PARIGI, KOMPAS — Sektor wisata di Kabupaten Parigi Moutong belum dikembangkan dengan maksimal. Kendala utamanya adalah minimnya dukungan anggaran, baik untuk pembangunan fasilitas di tempat wisata maupun promosi. Sail Tomini yang acara puncaknya dilaksanakan pada 19 September di kabupaten ini diharapkan jadi pintu masuk pengembangan wisata.

"Kami andalkan Sail Tomini untuk memperkenalkan potensi dan obyek wisata. Harapannya setelah kegiatan itu digelar, pemerintah pusat dan masyarakat luas mendukung sektor wisata," ujar Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Parigi Moutong Hasani di Parigi, Selasa (7/4/2015).

Obyek wisata di kabupaten itu antara lain Pantai Tumpapa dengan pasir putih di Kecamatan Sausu, situs pelestarian burung maleo di Sausu, dan Air Terjun Linggugavali yang "dilengkapi" dengan bentangan tebing alami dan air panas di Kecamatan Sinio. Ada juga Pulau Kelelawar di Desa Tomoli, Kecamatan Toribulu, dan pesona keindahan bawah laut (terumbu karang) Teluk Tomini yang terbentang dari Kecamatan Sinio hingga Kecamatan Parigi Utara.

Namun, tempat wisata tersebut belum ditata dan dilengkapi dengan fasilitas pendukung, seperti penginapan dan gazebo. Hanya Pantai Kucing yang sudah dilengkapi penginapan. Obyek wisata itu dikelola swasta.

Selama ini, obyek wisata tersebut dikunjungi wisatawan lokal (Parigi dan Palu, ibu kota Sulteng). Jumlah wisatawan mancanegara masih bisa dihitung dengan jari. Mereka umumnya berwisata bawah laut.

Hasani menyampaikan, anggaran pengembangan wisata selama ini belum memadai. Kendala itu membuat obyek wisata seperti berkembang sendiri. Promosi wisata yang dilakukan dinas selama ini juga belum mampu menyedot dukungan pemerintah pusat dan peningkatan kunjungan wisatawan. Promosi antara lain dilakukan di Makassar (Sulawesi Selatan) dan Jakarta.

Terkait persiapan acara Sail Tomini, Ketua DPRD Parigi Moutong Santo menyampaikan, secara keseluruhan tugas pemerintah kabupaten sudah berjalan dengan baik. "Misalnya, menyiapkan lahan untuk arena acara seluas 21 hektar. Pemerintah telah membayar ganti rugi kepada masyarakat pemilik lahan," katanya.

Arena Sail Tomini terletak di Desa Pangi, Kecamatan Parigi Utara, 15 kilometer dari Parigi atau 65 kilometer dari Palu. Lahannya sudah mulai ditimbun tanah. (VDL)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com