Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disbudpar Jateng Targetkan 32 Juta Wisatawan

Kompas.com - 17/04/2015, 14:36 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah meningkatkan target jumlah wisatawan yang berkunjung ke sejumlah obyek wisata di 35 kabupaten/kota pada 2015.

"Pada tahun ini kami menargetkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Jateng sebesar 32 juta orang," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jateng, Prasetyo Aribowo di Semarang, Rabu (15/4/2015).

Prasetyo mengungkapkan bahwa jumlah wisatawan yang berkunjung ke Jateng selama 2014 tercatat sebanyak 30,21 juta orang atau melampaui dari jumlah yang ditargetkan sebelumnya.

"Dari jumlah tersebut, sebanyak 29,8 juta merupakan wisatawan domestik dan sisanya adalah wisatawan mancanegara. Sedangkan pemasukan total yang diterima Pemprov Jateng melalui pemerintah daerah setempat mencapai Rp 21 triliun," ujarnya.

TRIBUN JATENG/WAHYU SULISTYAWAN Sejumlah wisatawan asing tiba di Tanjung Emas Semarang dengan menggunakan kapal pesiar MV Sea Princes, Senin (11/8/2014). Sebanyak 1900 wisatawan asing dari Singapura melakukan perjalanan ke Indonesia meliputi Lombok, Makassar, Semarang, dan Bali.
Menurut dia, wisatawan yang berkunjung ke Jateng paling banyak berwisata ke Candi Borobudur, sedangkan lainnya mengunjungi wisata alam di Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, dan dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara.

"Untuk tahun ini, obyek-obyek wisata yang bernuansa alam diprediksi tetap akan menjadi lokasi yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan," katanya.

Disbudpar Jateng juga terus berupaya menarik minat para wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke puluhan obyek wisata di Jateng. "Pada tahun ini dijadwalkan ada 25 kapal pesiar dari berbagai negara yang akan merapat di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan hingga April 2015 sudah ada sembilan kapal yang berlabuh," kata Prasetyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com