Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Heritage, Cara Kota Bogor Datangkan 5 Juta Wisatawan

Kompas.com - 20/04/2015, 12:28 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com – Tahun 2015, Kota Bogor meningkatkan potensi wisata heritage dan wisata taman untuk menarik kunjungan wisatawan. Seperti yang diungkapkan Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Bogor Shahlan Rasyidi, Kota Bogor akan memperkenalkan pariwisata berbasis heritage.

“Wisata heritage akan kita jual. Namun heritage bukan hanya sekadar bangunan cagar budaya yang mempunyai nilai sejarah. Heritage juga termasuk seni dan budaya. Contohnya ada seni jaipongan, wayang golek, dan seni budaya lain,” ujarnya kepada KompasTravel di Bogor, Minggu (19/4/2015).

Oleh karena itu, Shahlan mengungkapkan akan meningkatkan infrastruktur pada obyek wisata heritage di Kota Bogor seperti Kawasan Pecinan, Istana Bogor dan Museum Zoologi. “Kita akan rapikan pedestrian. Fasilitas informasi juga,” katanya.

Menurut data dari Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Bogor tahun 2014,  4.350.930 wisatawan telah mengunjungi Kota Bogor. Wisatawan domestik mendominasi sebanyak 4.180.650 dan sisanya 202.280 wisatawan mancanegara. “Tahun ini (2015) kita targetkan 5 juta wisatawan. Angka kenaikan sekitar 10 persen,” katanya.

KOMPAS/ANTONY LEE Istana Bogor.

Dengan target tersebut, Shahlan mengatakan telah memprogramkan sejumlah festival dengan tema heritage untuk menarik kunjungan wisatawan. Selain acara lomba lari yang melintasi kawasan heritage di Suryakencana, salah satu acara festival yang akan hadir di Kota Bogor adalah Festival Budaya Helaran. “Acara tersebut akan menampilkan pawai hasil kerajinan tangan, perkebunan, dan hasil usaha kecil menengah lain,” tuturnya.

Sejumlah objek wisata heritage di Kota Bogor pun tak kalah akan ia perkenalkan. Shahlan mengaku Kebun Raya Bogor dan Istana Kepresidenan menjadi dominasi kunjungan wisatawan. “Punden Berundak, Makam Raden Saleh, Prasasti Batutulis, dan tempat-tempat keramat lain bisa jadi pilihan,” ucapnya di sela-sela makan siang bersama KompasTravel di Bogor.

Kota Bogor merupakan salah satu alternatif pilihan destinasi wisata warga Jakarta dan menjadi magnet wisatawan untuk melepaskan penat. Wisatawan dapat menggunakan transportasi umum kereta rel listrik untuk mencapai Stasiun Bogor. Di dekat stasiun, terdapat obyek wisata yaitu Taman Kencana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com