Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tour de Ijen, Kemenpar Berikan Rp 1,5 Miliar ke Pemkab Banyuwangi

Kompas.com - 20/04/2015, 16:23 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka mempromosikan pariwisata Kabupaten Banyuwangi, gelaran balap sepeda International Tour de Banyuwangi Ijen kembali hadir. Berjuluk The Sunrise of Java, Menteri Pariwisata Arief Yahya mendukung penyelenggaraan event tahunan ini.

"Untuk Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, kita dukung Rp 1,5 miliar. Promosi event ini harus besar supaya orang tahu," kata Arief Yahya saat jumpa pers di Gedung Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin (20/4/2015).

Arief Yahya mengatakan event Tour de Ijen telah masuk sebagai salah agenda tahunan Kementerian Pariwisata selain 37 kegiatan lain di Banyuwangi Festival 2015. Festival Kuliner Sego Tempong juga merupakan salah satu yang termasuk ke dalam daftar. "Karena sudah masuk agenda tahunan, kita harapkan, promosinya harus berskala internasional," ungkapnya.

Dengan demikian, menurut Menpar, dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, arus promosi pariwisata dapat optimal. "Seluruh orang harus tahu Tour de Ijen. Nanti bisa sebarkan lewat sosial media," katanya.

KOMPAS/HARRY SUSILO Petambang sedang mengambil belerang di Kawah Ijen, Jawa Timur.
Oleh karena itu, dalam rangka promosi pariwisata, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, Bramuda Yanuarto mengungkapkan pihaknya telah menetapkan titik-titik wisata selama jalur balap sepeda. "Yang sudah pasti Gunung Ijen. Nanti ada tempat pelelangan ikan Muncar. Pantai Boom juga," ujarnya.

International Tour de Banyuwangi Ijen berlangsung selama empat hari mulai 6-9 Mei 2015 dari Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kecamatan Glenmore dan berakhir di Gunung Ijen. Gunung Ijen berada di ketingggian 2.799 meter di atas permukaan laut dan memiliki daya tarik wisata yang terkenal yaitu "Blue of Fire".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com