Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Indonesia Bidik Wisatawan Arab Saudi

Kompas.com - 21/04/2015, 16:25 WIB
KAIRO, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Garuda Indonesia membidik wisatawan Arab Saudi yang belakangan ini jumlahnya mengalami peningkatan relatif signifikan.

"Bekerja sama dengan KBRI Riyadh, Garuda Indonesia ikut serta dalam ajang Pameran Wisata 'Riyadh Travel Fair (RTF) 2015' di ibu kota Kerajaan Arab Saudi untuk promosi wisata ke Indonesia," kata Koordinator Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya KBRI Riyadh, Ahrul Tsani Fathurrahman kepada Antara Kairo, Senin (20/4/2015).

Menurut Ahrul Tsani, keikutsertaan Garuda Indonesia dalam RTF itu dinilai cukup penting sebagai sarana memberi informasi bagi turis setempat ke Indonesia, yang pada tahun meningkat 25 persen.

Merujuk data Kementerian Pariwisata, Ahrul mengemukakan bahwa jumlah turis Arab Saudi pada tahun 2014 tercatat 147.074 orang, meningkat 25 persen dari jumlah tahun sebelumnya sebanyak 117.761 orang.

"Melalui kegiatan pameran wisata pada ajang RTF 2015, jumlah tersebut diharapkan terus bertambah pada tahun-tahun mendatang," katanya.

Pameran yang digelar empat hari, 14-17 April 2015, itu diikuti 200 perserta dari 50 negara. Selain Indonesia dan tuan rumah Arab Saudi, antara lain Malaysia, Yordania, Filipina, Belanda, dan Ethiopia. Pesertanya dari berbagai perusahaan di sektor pariwisata mencakup jasa penerbangan, perhotelan, biro perjalanan, dan badan promosi pariwisata.

Anjungan Indonesia seluas 24 meter persegi dalam pameran itu menampilkan berbagai media promosi wisata Indonesia, seperti flyer, standing banner, video, dan brosur wisata

Menurut data panitia penyelenggara RTF, jumlah pengunjung pameran berkisar 15.000 orang dan meningkat dari tahun sebelumnya tercatat 13.678 orang, umumnya warga setempat dari Riyadh dan berbagai kota lainnya.

Disebutkan, anjungan Indonesia setiap hari ramai dikunjungi oleh para pengunjung, baik perorangan, keluarga, maupun agen perjalanan. Di sisi lain, anjungan Indonesia setiap hari selama empat hari pameran menyediakan undian berupa tiket pesawat Garuda gratis untuk pengunjung ke Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com