Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Temanggung Dorong Festival Durian Jadi Ikon Wisata

Kompas.com - 22/04/2015, 12:36 WIB
TEMANGGUNG, KOMPAS.com - Wakil Bupati Temanggung Irawan Prasetyadi mengatakan Pemerintah Kabupaten Temanggung mendorong penyelenggaraan festival durian di Desa Ngropoh menjadi salah satu ikon wisata di Temanggung.

"Festival Durian Ngropoh diupayakan terus berlangsung dari tahun ke tahun karena festival ini bisa menjadi ikon pariwisata di Desa Ngropoh khususnya dan Temanggung pada umumnya," katanya di Temanggung, Jawa Tengah, Selasa (21/4/2015).

Ia mengatakan hal tersebut usai membuka Festival Durian Ngropoh di kawasan Embung Ngropoh, di Desa Ngropoh, Kecamatan Kranggan.

Ia mengakui masih banyak yang butuh dibenahi untuk membentuk Ngropoh menjadi kawasan desa wisata, khususnya di Embung Ngropoh. Misalnya pembenahan jalan masuk, pembuatan fasilitas umum seperti toilet.

Festival Durian Ngropoh berlangsung meriah diikuti sebanyak 43 peserta yang mengikutsertakan durian hasil kebunnya untuk dinilai oleh tim juri. Peserta yang berpartisipasi cenderung berkurang dibanding festival tahun lalu yang diikuti 80 peserta.

Seorang peserta festival, Kabul, mengatakan curah hujan yang tinggi menyebabkan produksi durian menurun tajam. "Banyak bunga durian yang tidak jadi buah karena hujan dan angin. Hanya 30 persennya yang jadi buah tahun ini," katanya.

Namun, lanjut Kabul, harga durian cukup stabil. Harga durian seberat tujuh kilogram bisa mencapai Rp 70.000. "Durian Ngropoh memiliki ciri khas yaitu rasa manis dan pulen sehingga banyak dicari orang," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com