Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/04/2015, 21:30 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Setelah berhasil mendatangkan ribuan pengunjung, Menteri Pariwisata, Arief Yahya mendeklarasikan Karnaval Asia Afrika akan kembali hadir pada tahun 2016. Hal tersebut ia sampaikan ketika memberikan ucapan terima kasih dan penutupan acara Karnaval Asia Afrika. 
 
"Saya mendeklarasikan Asia Afrika Carnival merupakan event internasional tahunan di Bandung. Bandung keren, hanya Kota Bandung yang bisa melaksanakannya," kata Arief Yahya di Bandung, Sabtu (25/4/2015).
 
Saat jumpa pers Arief mengatakan bahwa Karnaval Asia Afrika harus diberikan tempat menjadi event tahunan. Ia berpendapat hanya Kota Bandung yang dapat melakukan acara karnaval dengan tema Asia Afrika.

"Bandung sudah ditetapkan sebagai ibu kota Asia Afrika. Jalan Asia Afrika adalah jalan yang paling bersejarah di Asia Afrika. Yang punya hanya Bandung," katanya.

 
Dengan demikian, Arief pun mengharapkan acara Karnaval Asia Afrika dapat menarik wisatawan dari Asia maupun Afrika. Ia berpendapat penyelenggaraan karnaval pertama kali ini diikuti 20 negara dan 60 daerah di Indonesia. Nantinya, Arief akan mengundang kembali peserta karnaval dari seluruh Indonesia dan luar negeri.
 
Sebelumnya Arief menuturkan bahwa acara karnaval ini memiliki nilai promosi di media yang tinggi. Dengan demikian, akan banyak sponsor yang tertarik untuk bekerja sama menyelenggarakan karnaval. Ia juga mengaku akan memberikan dukungan untuk promosi.
 
Walikota Bandung, Ridwan Kamil pun turut senang dengan penyelenggaraan Karnaval Asia Afrika ini. "Untuk perhelatan pertama saya kira luar biasa. Sangat terharu sampai sulit diceritakan dengan kata-kata," katanya.
 
Ia memimpikan bahwa Karnaval Asia Afrika nantinya dapat setara dengan Festival Rio de Janeiro di Brazil. Ke depannya, Emil akan melakukan evaluasi mengenai acara karnaval tersebut. 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com