Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Sumenep: Penerbangan Perintis Angkat Potensi Wisata

Kompas.com - 03/05/2015, 12:57 WIB
SUMENEP, KOMPAS.com - Bupati Sumenep A Busyro Karim optimistis penerbangan perintis yang memanfaatkan Bandara Trunojoyo akan mengangkat potensi wisata setempat. "Penerbangan perintis yang secara resmi mulai beroperasi pada Sabtu akan membuat waktu tempuh perjalanan ke Sumenep menjadi singkat. Kami yakin wisatawan mancanegara dan nusantara akan makin banyak yang berkunjung ke Sumenep," ujarnya di Sumenep, Jawa Timur, Sabtu (2/5/2015).

Pada Sabtu pagi, Pemkab Sumenep menggelar acara perkenalan penerbangan perintis dengan rute Sumenep-Surabaya dan Sumenep-Jember di area luar Bandara Trunojoyo.

"Selama ini, salah satu keluhan wisatawan mancanegara dan nusantara, khususnya yang berasal dari luar Pulau Madura, adalah waktu tempuh ke Sumenep yang agak lama (sekitar 4 jam dari Surabaya melalui jalur darat dengan naik kendaraan bermotor)," kata Busyro.

Sementara jika melalui jalur udara (menggunakan pesawat), waktu tempuh dari Surabaya (Bandara Juanda) ke Sumenep (Bandara Trunojoyo) hanya sekitar 40 menit.

"Tidak hanya potensi wisata yang akan terangkat, ketika ada penerbangan perintis, akan tetapi juga potensi lainnya, seperti perikanan. Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk menjadikan penerbangan perintis ini menjadi perantara untuk lebih memacu atau menggairahkan perekonomian Sumenep," ucapnya.

Busyro juga mengemukakan, sejak beberapa waktu lalu, pihaknya telah menyosialisasikan kepastian penerbangan perintis yang memanfaatkan Bandara Trunojoyo ke sejumlah pihak, di antaranya agen perjalanan wisata.

Selama ini, lokasi wisata di Sumenep yang banyak dikunjungi oleh wisatawan nusantara, termasuk mancanegara, adalah Keraton Sumenep di Kecamatan Kota, Pantai Lombang di Batang Batang, dan Pantai Slopeng di Dasuk.

Penerbangan perintis dengan rute Sumenep-Surabaya (Bandara Juanda) dan Sumenep-Jember (Bandara Notohadinegoro) secara resmi mulai beroperasi Sabtu (2/5/2015) oleh maskapai Susi Air.

Perkenalan penerbangan perdana pesawat Susi Air sebagai operator penerbangan perintis yang digagas Pemkab Sumenep itu dihadiri oleh Kepala Dishub dan LLAJ Jawa Timur, Wahid Wahyudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com