Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Bidik Timur Tengah

Kompas.com - 05/05/2015, 16:12 WIB
DUBAI, KOMPAS - Pemerintah dan swasta bahu-membahu mempromosikan pariwisata Indonesia ke mancanegara. Promosi tersebut salah satunya melalui acara Arabian Travel Market Dubai 2015 di Dubai, Uni Emirat Arab, pada 4-7 Mei 2015.

Sebanyak 14 operator wisata dan biro perjalanan serta 23 hotel dan resor dari Indonesia mengambil bagian dalam pameran dagang wisata bertema ”Perjalanan Keluarga” tersebut. Secara keseluruhan, pelaku industri pariwisata dari 98 negara ikut serta dalam pameran ini.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, pangsa pasar wisata kawasan Timur Tengah sangat besar dan belum digarap maksimal oleh industri pariwisata Indonesia. Dari sekitar 30 juta wisatawan Timur Tengah per tahun, baru 150.000 di antaranya atau 0,5 persen yang berkunjung ke Indonesia.

Padahal, Malaysia bisa mendatangkan 300.000 wisatawan Timur Tengah dan Thailand mendatangkan 800.000 wisatawan Timur Tengah.

”Pasar Timur Tengah masih besar. Apalagi, pengeluaran mereka di atas rata-rata, yakni hampir 1.400 dollar AS per kunjungan,” tutur Arief di sela-sela pertemuan dengan sejumlah agen perjalanan di Dubai, Senin (4/5/2015), yang diikuti wartawan Kompas, Ratih P Sudarsono.

Menurut Arief, wisatawan asal Timur Tengah sangat berpotensi mengisi target pertumbuhan wisatawan 12 persen per tahun dan 20 juta pengunjung pada tahun 2019. Arief optimistis bisa mencapai target tersebut. Apalagi, Timur Tengah akan digarap lebih serius.

”Sebelumnya sudah terbukti di pasar wisata Tiongkok. Kami gencar berpromosi di sana dan terjadi peningkatan kunjungan wisatawan Tiongkok ke Bali dan Batam. Kalau kami gencar berpromosi di kawasan Timur Tengah, hal yang sama bisa terjadi juga. Selain mengikuti pameran ini, kami juga akan berpromosi di media untuk perempuan di sini. Sebab, pengambil keputusan dalam keluarga-keluarga Arab untuk berlibur adalah kaum ibu atau perempuan,” tutur Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Dalam pameran kali ini, Kementerian Pariwisata membidik wisatawan keluarga dari Timur Tengah yang bisa berlibur dua hingga tiga bulan selama musim panas, dengan mengajak seluruh anggota keluarga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com