Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Panas, Tanjakan Curam, Tenaga Pun Terkuras...

Kompas.com - 06/05/2015, 15:31 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

GUNUNG HALAT, KOMPAS.com - Cuaca panas dan tanjakan curam menghajar para peserta Jelajah Sepeda Kompas Banjarmasin-Balikpapan di Etape 3 Tanjung-Batu Kajang, Rabu (6/5/2015). Para peserta bersusah payah untuk melewati Jalur Trans Kalimantan yang didominasi perbukitan di tengah cuaca panas yang menyengat.

"Rutenya banyak menanjak. Panas banget. Di dekat titik istirahat paling berat. Apalagi ditambah jalan yang rusak. Tambah menguras tenaga," kata peserta Jelajah Sepeda Kompas dari Jakarta, Zulkarnain kepada KompasTravel di ketika beristirahat di Gunung Halat, Tabalong, Rabu (6/5/2015).

Ia mengatakan dari dua etape sebelumnya, etape ini merupakan yang terberat hingga saat istirahat makan siang. Karyawan swasta ini beralasan pada etape sebelumnya cuaca dan medan yang ditempuh masih bersahabat. Hal tersebut menjadi keuntungan untuk menempuh etape sebelumnya.

"Kalau etape pertama masih hujan dan gerimis. Jadi adem sepedaannya. Di etape kedua juga masih mendung. Walaupun ada jalan yang menanjak tapi masih enak sepedaannya kalau adem," katanya.

Road Captain Jelajah Sepeda Kompas Banjarmasin- Balikpapan, Kang Coe mengatakan cuaca panas pada Etape 3 ini, para peserta memang tidak dapat menghindar dari sengatan panas matahari. Berbicara tentang medan, ia menjelaskan bahwa untuk melewati tanjakan naik dan turun memerlukan strategi khusus. Strategi tersebut akan mempengaruhi stamina ketika bersepeda dalam cuaca yang ekstrem ini.

"Suhu saat ini di Jalan Trans Kalimantan mencapai 38 derajat celcius. Suhu panas sudah menjadi pilihan. Rolling (tanjakan naik dan turun) harus memanfaatkan momentum. Ketika lelah, para peserta akan mengkondisikan posisi terenak," katanya.

Ia juga menambahkan para marshall beserta tim support yang menggunakan motor akan selalu mengawal untuk mengantisipasi para peserta yang kelelahan akibat cuaca panas dan jalan menanjak. Setiap peserta yang tertinggal, para tim support akan membantu mendorong hingga kembali masuk ke dalam barisan rombongan sepeda.

Pantauan KompasTravel, hingga saat istirahat Etape 3 di Gunung Halat, tanjakan-tanjakan membuat para peserta bercucuran keringat. Kulit para peserta mulai menghitam karena paparan sinar matahari. Sementara sudut kemiringan jalan mencapai 45 derajat. Para peserta saat ini telah menempuh jarak sejauh 70 km dari titik awal keberangkatan di Kecamatan Tanjung, Tabalong.

Jelajah Sepeda Kompas Banjarmasin-Balikpapan dijadwalkan akan selesai pada tanggal 10 Mei 2015. Jarak tempuh Etape 3 Tanjung-Batu Kajang berjarak sejauh 118 km. Jumlah peserta yang mengikuti acara bersepeda jarak jauh ini berjumlah 50 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com