Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oase di Tengah Hutan Belantara Kalimantan

Kompas.com - 08/05/2015, 13:55 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

PASER, KOMPAS.com - Gemericik suara air terjun menyambut para peserta "Jelajah Sepeda Kompas Banjarmasin-Balikpapan" sebelum mencapai titik tertinggi pada Etape 4 Batu Kajang-Tanah Grogot, Kamis (7/5/2015) kemarin. Jernih dan derasnya air terjun bagi peserta seperti oase di tengah panas matahari yang mulai beranjak naik.

Beberapa peserta "Jelajah Sepeda Kompas" terlihat menuju ke aliran air terjun untuk sekedar membasuh muka. Sementara yang lain sibuk berfoto dengan latar belakang air terjun. Kesempatan bertemu oase di tengah hutan belantara Kalimantan Timur memang tak disia-siakan para peserta.

Seperti yang dikatakan oleh peserta "Jelajah Sepeda Kompas" Idham Kurniawan bahwa di tengah perjalanan Etape 4, rombongan memang akan bertemu dengan air terjun yang terletak di pinggir jalan. Obyek wisata tersebut merupakan tempat singgah para pengendara mobil yang melintas dari Kalimantan Selatan menuju Kalimantan Timur maupun sebaliknya.

Menurut warga yang di sekitar obyek wisata, Zaini, nama tempat ini adalah Air Terjun Gunung Rambutan. Namun para warga sekitar juga mengenalnya dengan nama Air Terjun Batu Dinding. Ia mengaku air terjun ini ramai disinggahi pengendara yang melintas.

Pantauan KompasTravel, di sekitar Air Terjun Gunung Rambutan terdapat beberapa warung kecil yang menyediakan makanan dan minuman untuk orang-orang yang singgah. Aliran air terjun terbagi menjadi dua aliran yang kecil di sebelah kiri dan besar di sebelah kanan. Tinggi air terjun berkisar setinggi 20-25 meter.

KompasTravel sempat mencoba membasuh muka dengan aliran air terjun. Rasa gerah akibat bersepeda sejauh 10 kilometer hilang setelah membasuh dengan air terjun yang jernih. Bunyi gemericik air terjun juga menjadi terapi sederhana untuk menghilangkan lelah.

Obyek wisata Air Terjun Gunung Rambutan terletak sekitar 250 meter sebelum titik tertinggi di Gunung Rambutan, Desa Sungai Terik, Kecamatan Batu Sopang, Kabupaten Paser. Untuk mengunjungi obyek wisata ini, pengunjung tidak dikenakan biaya masuk. Selain dapat mengunjungi air terjun ini, pengunjung dapat menikmati makanan dan minuman yang dijual di sekitar obyek wisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com