Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Wakatobi Dorong Peningkatan Kunjungan Wisatawan

Kompas.com - 12/05/2015, 14:50 WIB
KENDARI, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) terus mendorong peningkatan kunjungan wisatawan di kabupaten yang seluruh wilayahnya menjadi kawasan Taman Nasional Laut Wakatobi itu.

Bupati Wakatobi Hugua, Selasa (12/5/2015) mengatakan dalam mendorong peningkatan kunjungan wisata di Wakatobi tersebut pihaknya terus membangun sejumlah sarana pendukung seperti terminal Bandara Matahora, Dermaga Marina (pelabuhan khusus kapal pesiar) dan dermaga Pelabuhan Panggulubelo.

"Dengan pembangunan sarana dan prasarana pendukung pariwisata itu, kita harapkan kunjungan wisatawan di Wakatobi bisa meningkat hingga mencapai 17.000 orang di tahun 2015 ini," katanya.

Menurut dia, kunjungan wisatawan, baik wisatawan mancanegara maupun domestik di Wakatobi tahun 2014 lalu, diperkirakan mencapai 15.000 orang. "Para wisatawan yang berkunjung di Wakatobi sebagian besar dari mancanegara, terutama dari Inggris, Italia, Jerman dan Perancis," katanya.

Selain prioritas pada pengembangan wisata, Pemkab Wakatobi juga berkosentrasi membangun perikanan. Di Wakatobi, potensi sektor pariwisata dan perikanan cukup besar. "Kami juga mendorong para pengusaha lokal, nasional maupun internasional, membangun hotel dan restoran yang representatif di Wakatobi," katanya.

Saat ini, lanjut Hugua, sudah ada perusahaan perhotelan internasional yang sedang membangun hotel bintang lima di Wakatobi, yakni Group Al Jumairah asal Dubai. "Selain membangun hotel, perusahaan asing itu juga mendirikan resor di Wangiwangi, ibu kota Kabupaten Wakatobi," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com