Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpar Paparkan Rencana Pengembangan Kawasan Wisata Mandeh

Kompas.com - 17/05/2015, 18:35 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

PADANG, KOMPAS.com – Beberapa kementerian langsung turun dalam pengembangan Kawasan Wisata Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Salah satu kementerian yang mengambil peran adalah Kementerian Pariwisata. Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya memaparkan rencana pengembangan saat menghadiri acara pembukaan “Mandeh Joy Sailing II dan Festival Mandeh” di Puncak Bukit Mandeh, Sabtu (16/5/2015).

“Pembuatan jalan potong Padang-Mandeh sudah bagus. Nanti 42 kilometer bisa ditempuh 30 menit. Selain itu, nanti hotel, restoran, dan transportasi juga. Pengembangnya sudah ada yang mau yaitu Indonesia Tourism Development Corporation. Sedang survei dulu. Nanti kita batasi waktu konfirmasinya,” kata Arief Yahya kepada wartawan.

Ia menargetkan pembangunan jalan pintas Padang-Mandeh dapat selesai pada tahun 2017. Sementara pembangunan infrastruktur dasar akan ditindaklanjuti pada tahun 2016 dan diperkirakan dapat selesai dalam lima tahun. Menpar optimis dengan rencana pengembangan Kawasan Wisata Mandeh dapat berjalan lancar jika berkaca dengan pembangunan kawasan Mandalika dan Nusa Dua. “Setelah pembangunan jalan selesai, kita attract investor. Tiga bulan ini sudah ada MOU,” katanya.

Disinggung tentang konsep pariwisata, Arief mengatakan Mandeh mengambil konsep wisata campuran. Ia menjelaskan bahwa konsep wisata campuran adalah pariwisata berbasis masyarakat dengan kawasan penggerak pertumbuhannya. Sementara untuk konsep pemasaran wisata, Arief mengatakan Mandeh mengambil posisi sebagai wisata keluarga.

Kompas.com/Wahyu Adityo Prodjo Kendaraan para wisatawan memadati pelataran parkir yang tersedia di Kawasan Wisata Puncak Bukit Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Kamis (14/5/2015). Puncak Bukit Mandeh merupakan salah satu objek wisata yang dapat dikunjungi di Kawasan Wisata Mandeh.

“Kemenpar akan menyiapkan SDM (sumber daya manusia). Kita bantu 25 miliar tahun depan. Penyiapan pelaku wisata dan pelaku usaha akan kita dorong. Salah satu bentuknya pelatihan pemandu wisata. Saya kerja sama dengan lembaga sertifikasi terkait. Saya juga sudah sepakat dengan Bappenas,” katanya.

Dikutip dari siaran pers yang diterima KompasTravel, Menpar meminta agar pembangunan kepariwisataan di Kawasan Mandeh harus mampu menggerakkan perekonomian masyarakat dengan berlandaskan norma-norma agama, sosial dan budaya yang dianut masyarakat Minangkabau serta menjaga kelestarian sumber daya kelautan dan sumber daya alam pendukungnya.

Mandeh merupakan kawasan wisata yang terletak di Kecamatan Koto XI Tarusan yang berbatas langsung dengan Kota Padang. Kawasan ini hanya berjarak 56 km dari Padang dengan luas kurang lebih 18.000 hektar. Obyek wisata yang ada di Kawasan Wisata Mandeh adalah Pulau Cubadak, Pulau Batu Kalang, Pulau Setan, Bukit Mandeh, Pulau Saronjong Gadang dan Ketek, Bukit Langkisau, Pulau Cingkuak, Pantai Carocok, dan Pulau Pagang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com