Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lomba Fotografi Udara, Cara Promosi Wisata Kawasan Mandeh

Kompas.com - 21/05/2015, 16:13 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com –Mempromosikan potensi pariwisata di Indonesia dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan lomba fotografi. Itulah yang dilakukan oleh GadgetCiti bekerja sama dengan Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI) untuk mempromosikan potensi wisata Mandeh, Sumatera Barat lewat fotografi udara. Acara lomba fotografi tersebut bertajuk “Aerial Visual Drone Challenge 2015”.

Aerial Photography bisa menjadi tren baru karena mengizinkan pemilik drone untuk mendapatkan foto dari perspektif dan sudut yang berbeda. Kita juga melihat Indonesia mempunyai banyak tempat wisata yang bisa diekspos keindahannya dengan jauh lebih optimal dari atas,” kata Head of Marketing and Communication GadgetCiti, Rika Peng saat berbincang dengan KompasTravel, Selasa (19/5/2015).

Rika mengatakan memilih obyek wisata Mandeh sebagai tempat untuk dipromosikan karena melihat mempunyai potensi keindahan yang luar biasa jika dilihat dari atas. “Kita juga ingin mengedukasi masyarakat tentang drone dan juga mempromosikan Mandeh,” katanya.

KRISTIANTO PURNOMO Pulau Setan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Kamis (14/5/2015). Pulau Sutan berada di kawasan Taman Laut Mandeh.

Promosi pariwisata lewat fotografi udara juga diakui oleh Bendahara Umum GadgetCiti, Slamet Suwito. Ia mengatakan bahwa dengan kegiatan ini diharapkan dapat mempromosikan pariwisata melalui lomba fotografi. Dengan hasil kegiatan lomba ini juga ke depannya dapat meningkatkan kunjungan wisatawan khususnya Kawasan Wisata Mandeh, Sumatera Barat.

“Mandeh ini adalah potensi. Aerial Photography itu mempunyai kelebihan secara sudut pandang dibandingkan kamera biasa. Semoga daerah (Mandeh) dapat lebih dikenal,” katanya.

Gelaran kompetisi foto udara bertajuk Aerial Visual Drone Challenge 2015 dengan tema “Jelajah Indahnya Indonesiaku” dilaksanakan oleh Gadgetciti dan Assosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI) telah menghasilkan tiga orang pemenang. Dari hasil penjurian, terpilihlah tiga juara yaitu juara 1 Wawan Saputra, Juara 2 Kristianto Purnomo, dan Juara 3 Hanani Fadlilah. Adapun juri lomba ini adalah Hafid Asad Amar, Arbain Rambey, dan Fikria Hidayat.

Mandeh merupakan kawasan wisata yang terletak di Kecamatan Koto XI Tarusan yang berbatas langsung dengan Kota Padang. Kawasan ini hanya berjarak 56 km dari Padang dengan luas kurang lebih 18.000 hektar. Obyek wisata yang ada di Kawasan Wisata Mandeh adalah Pulau Cubadak, Pulau Batu Kalang, Pulau Setan, Bukit Mandeh, Pulau Saronjong Gadang dan Ketek, Bukit Langkisau, Pulau Cingkuak, Pantai Carocok, dan Pulau Pagang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com