Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serunya Arung Jeram di Telaga Waja Karangasem

Kompas.com - 26/05/2015, 09:32 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

KARANGASEM, KOMPAS.com - Arung Jeram di Sungai Telaga Waja, Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem, Bali sungguh seru dan mengasyikkan. Perahu karet dengan empat orang penumpangnya ini akan mengalami tantangan dalam perjalanan menyusuri sungai. Perjalanan menyusuri sungai dari berangkat sampai akhir menghabiskan waktu sekitar 2 jam.

"Seru banget, teriak-teriak senang. Sungainya nggak deras kok. Biasa saja jadi nggak takut. Seru ramai-ramai sama teman-teman. Pengen lagi, seru soalnya," kata Sukiswanti, salah satu wisatawan peserta arung jeram.

Salah satu rintangan peserta adalah saat melewati jembatan bambu di Sungai Telaga Waja. Akan tetapi wisatawan tidak perlu khawatir karena pemandu yang menjadi kapten perahu ini akan memberi aba-aba dengan teriakan kata "duck", maka peserta di dalam perahu harus menunduk. Begitupun saat melalui sungai yang terdapat bebatuan.

Setiap perahu dipimpin oleh kapten perahu yang sekaligus juga pemandu yang sudah berpengalaman sehingga wisatawan akan menikmati perjalanan arung jeram dengan aman. "Yang seru ketika melalui jembatan bambu, ada seruan tiarap dan kepala kita menunduk. Seru, seru banget. Kita melewati jembatan bambu sekitar lima jembatan kayaknya, seru pokoknya," kata salah satu wisatawan, Okantara.

Sebelum melakukan arung jeram, pemandu akan memberikan arahan dan petunjuk keselamatan dan peragaan tindakan-tindakan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Peserta harus menyimak dan memperhatikan dengan baik petunjuk-petunjuk tersebut agar jika mengalami kendala dalam perjalanan dapat diatasi dengan baik.

Begitupun saat di atas perahu maupun di luar perahu seperti harus jalan kaki di pinggiran sungai karena tidak bisa dilalui oleh perahu. Wisatawan yang melakukan arung jeram di Sungai Telaga Waja ini tidak hanya wisatawan domestik tapi juga banyak diminati wisatawan asing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com