Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Kaktus hingga Jamur Hangus, Kuliner Khas Meksiko

Kompas.com - 26/05/2015, 16:00 WIB
Mentari Chairunisa

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Siapa sangka kuliner khas Meksiko memiliki beragam keunikan. Keunikan tersebut hadir dari bahan-bahan makanan mereka, seperti kaktus dan juga jamur hangus pada tanaman jagung. Perpaduan bahan-bahan tersebut dengan bumbu serta komposisi lain menghasilkan cita rasa unik yang menggugah selera para pecinta kuliner.

“There’s a lot of flavor in Mexico,” ungkap juru masak asal Meksiko, Chef Julio Ortega, di Hotel Gran Melia Jakarta, Senin (25/5/2015).

Penasaran ingin mengenal lebih jauh masakan Meksiko? Sebuah acara bertajuk Mexican Food Fiesta menyajikan berbagai jenis masakan khas Meksiko, mulai dari makanan pembuka, makanan utama, makanan penutup, hingga beragam jajanan yang biasa disebut urban cuisine. Salah satu urban cuisine yang sangat direkomendasikan adalah huitlacoche taco.

“Ini huitlacoche taco, tidak tersedia di mana pun, ini memiliki rasa yang sulit untuk dideskripsikan,” ujar Executive Chef Hotel Gran Melia Jakarta, Gerald Prinz.

KOMPAS.COM/MENTARI CHAIRUNISA Nopale, kaktus Meksiko, yang telah direbus sebelum dicampur ke berbagai hidangan Meksiko dalam Mexican Food Fiesta di Hotel Gran Melia Jakarta, Senin (25/5/2015). Acara berlangsung hingga 2 Juni 2015.
Keunikan huitlacoche taco terletak pada penggunaan jamur hangus pada tanaman jagung sebagai bahan isian taco. Jamur jagung tersebut dicampur dengan jamur dan jagung segar serta keju sehingga menghasilkan warna hitam pekat.

Campuran tersebut menghasilkan perpaduan rasa yang unik, yakni asin dan juga sedikit pahit. Akan lebih nikmat jika dimakan menggunakan bahan pelengkap dan juga saus Meksiko.

Selain terkenal dengan urban cuisine seperti taco, burrito, dan nachos, Meksiko juga terkenal dengan beragam jenis olahan salad. Salah satunya adalah ceviche de pescado yang terbuat dari campuran ikan, bawang, buah zaitun, serta air jeruk lemon. Ada juga pulpo con chipotle, yakni salad yang terbuat dari gurita yang telah direbus dan dicampur dengan mayones dan cabai chipotle.

Untuk makanan utama ada pescado con alcaparras a la Mexicana, yakni ikan goreng tepung yang dimasak dengan saus Meksiko dengan cita rasa segar dan gurih. Juga camarones con mole yakni udang yang dimasak dengan saus mole.

Sementara untuk makanan penutup, ada kukis Meksiko hojarascas, crema de rompope yang terbuat dari telur, gula, dan juga susu, churros, serta conchas, roti khas Meksiko.

“Conchas dimakan setiap hari oleh penduduk Meksiko, siapkan segelas cokelat panas dan celupkan conchasnya, kesukaan saya yang vanila,” ujar Julio.

KOMPAS.COM/MENTARI CHAIRUNISA Aneka jenis taco dengan beragam isian, seperti jagung, jamur, ikan, dan juga daging dalam Mexican Food Fiesta di Hotel Gran Melia Jakarta, Senin (25/5/2015). Mexican Food Fiesta berlangsung hingga 2 Juni 2015.
Mexican Food Fiesta digelar di Hotel Gran Melia Jakarta pada 21 Mei hingga 2 Juni 2015. Tak tanggung-tanggung, Julio langsung membawa seluruh bahan makanan langsung dari Meksiko hingga 90 kilogram.

“Saya bawa original tortilla, tepung jagung, kaktus, 7 jenis cabai, daun jagung untuk membuat tamale, daging, achiote, piloncillo, dan banyak lagi,” tambah Julio.

Untuk masalah rasa, Julio mengaku tetap mempertahankan rasa asli masakan Meksiko dan tidak melakukan penyesuaian rasa dengan lidah masyarakat Indonesia.

“Saya tidak mengubah rasanya, karena saya ingin orang Indonesia merasakan rasa original dari Meksiko,” imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com