Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parade Payung Hingga Mobil Hias di Festival Budaya Bogor

Kompas.com - 31/05/2015, 13:10 WIB
Kontributor Bogor, Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Kemeriahan Helaran Festival Budaya menyambut Hari Jadi Bogor (HJB) ke-533, Sabtu (30/5/2015), menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat Bogor di tengah suhu politik yang panas akhir-akhir ini di lingkungan Pemerintahan Kota Bogor. Maklum, sangat jarang masyarakat Bogor melihat aktraksi budaya semacam itu.

Ribuan orang memadati jalan-jalan utama Kota Bogor demi melihat atraksi seni dan budaya yang disuguhkan para peserta Helaran Festival Budaya HJB. Seakan tak mau kalah dengan kondisi cuaca yang cukup menyengat, warga Bogor tetap memadati sejumlah ruas jalan, seperti di Jalan Sudirman, Kota Bogor.

Dalam helaran budaya ini, ditampilkan puluhan kendaraan hias, atraksi seni dan budaya, serta beragam hiburan lainnya yang sengaja dipersembahkan oleh Pemkot Bogor untuk warganya. Ribuan peserta tak hanya dari Bogor saja, namun sejumlah delegasi dari daerah lain seperti Purwakarta, ikut menyemarakkan pawai tersebut.

KOMPAS.com/RAMDHAN TRIYADI BEMPAH Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, memimpin parade Helaran Festival Budaya 2015 dengan menunggangi kuda, Sabtu (30/5/2015). Acara Helaran Festival Budaya inidigelar sebagai rangkaian menyambut Hari Jadi Bogor(HJB) ke-533. K97-14

Dengan jarak tempuh sekitar 2,5 kilometer, peserta helaran budaya ini dilepas dari Gelanggang Olahraga (GOR) Pajajaran melintasi Jalan Ahmad Yani, Jenderal Sudirman, dan Jalan Jalak Harupat lalu finish di Lapangan Sempur. Dalam kesempatannya, Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara itu.

“Semoga kegiatan ini bisa mendorong para pelaku seni di Bogor agar lebih kreatif lagi,” ujar Bima.

Menurut Ketua Umum Paguyuban Bogor, Iwan Kurniawan, pawai helaran budaya ini diikuti sekitar empat ribuan peserta yang terdiri dari berbagai unsur seperti sanggar, komunitas, masyarakat umum, pelajar, dan instansi pemerintahan.

“Ada sekitar empat ribuan peserta dari Bogor dan dari luar," pungkas Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com