Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sewa Mobil untuk Berwisata? Baca Tips Ini Dulu...

Kompas.com - 02/06/2015, 19:03 WIB
Mentari Chairunisa

Penulis

KOMPAS.com - Sewa mobil saat berwisata adalah pilihan tepat mempermudah mobilitas. Namun pastikan Anda melakukan beberapa hal ini sebelum menyewa mobil.

Pesan jauh-jauh hari.
Saat musim liburan dan di destinasi wisata favorit, nekat jika Anda memesan mobil sewaan di waktu yang mepet. Bisa-bisa Anda tidak mendapatkan mobil. Ada baiknya melakukan pemesanan jauh-jauh hari. Semakin dekat waktunya, harga sewa juga makin tinggi. Pilihan mobil pun semakin sedikit.

Bandingkan harga.
Rajin-rajinlah mengecek harga di beberapa tempat rental mobil. Walau di lokasi yang sama, harganya bisa berbeda. Pastikan juga ketahui harga sewa mobil di bandara dengan di pusat kota. Terutama jika Anda bepergian ke kota besar yang jarak antara bandara dengan pusat kota lumayan jauh. Harga sewa mobil di bandara sering kali lebih mahal daripada di pusat kota.
 
Lama penyewaan.
Pastikan Anda mengetahui waktu penyewaan per hari. Beberapa destinasi menerapkan waktu 12 jam per hari, ada pula 10 jam. Selain itu, ada pula sewa seharian alias 24 jam. Oleh karena itu, pastikan Anda mengetahui lama peminjaman. Pastikan berapa biaya tambahan jika terlewat dari batas waktu.

Supir atau tidak?
Jika Anda kesusahan membaca peta atau tidak familiar sama sekali dengan destinasi wisata Anda? Atau, penduduk di destinasi wisata tersebut rata-rata tidak mampu berbahasa Inggris, maka pilihan tepat jika Anda menggunakan supir yang sudah tahu medan. Hitung kembali dari segi waktu dan biaya bensin, terkadang menggunakan supir jauh lebih hemat dan efisien.

Bayar di muka.
Beberapa penyewaan menerapkan sistem bayar di muka. Di luar negeri, Anda wajib menggunakan kartu kredit untuk deposit dengan nilai tertentu. Jika membayar di muka, beberapa rental mobil memberikan diskon. Namun pastikan apabila terjadi pembatalan, apakah uang Anda bisa dikembalikan.

Bensin sudah terisi.
Beberapa rental mobil menyewakan mobil sudah lengkap dengan bensin. Di luar negeri malahan ada rental mobil yang akan mengganti uang bensin Anda. Jadi pastikan Anda mengetahui hal ini dengan tanyakan terlebih dahulu. Tak ada salahnya Anda menyimpan struk bensin.

Cek mobil.
Sebelum digunakan dan masih di tempat rental mobil, bersama-sama cek kembali mobil yang akan Anda gunakan. Apakah ada goresan atau penyok di tubuh mobil. Tak sekedar tubuh mobil, cek setiap fungsinya. Juga rem hingga air mobil. Foto kondisi mobil tersebut sebelum Anda gunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com