Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelajah Sepeda Papua Diberangkatkan dari Sarmi

Kompas.com - 03/06/2015, 07:17 WIB
Wisnubrata

Penulis


SARMI, KOMPAS.com
– Jelajah Sepeda Papua dalam rangka ulang tahun ke-50 harian Kompas serta mengampanyekan lingkungan yang bersih dan hidup sehat, resmi dimulai pada Rabu (3/6/2015), ditandai dengan pemberangkatan 70 pesepeda dari Lapangan Merdeka, Kota Sarmi, Papua.

"Kami berterima kasih dengan kedatangan jeljah sepeda ini. Kami harap dengan kehadiran teman-teman, nama Sarmi makin dikenal di seluruh Indonesia," ujar Wakil Bupati Sarmi Albertus Suripno saat melepas tim jelajah sepeda. 

Tim jelajah diberangkatkan dalam cuaca gerimis oleh Wakil Bupati Sarmi Albertus Suripno dan disaksikan sejumlah pejabat setempat. Hadir juga dalam kesempatan tersebut Pemimpin Redaksi Kompas Budiman Tanuredjo.

"Ini adalah cara kami melihat Indonesia yaitu melalui sepeda," ujar Budiman Tanuredjo. "Dengan cara ini kita bisa semakin mengenal dan mencintai tanah air," lanjut Budiman.

Pada etape pertama ini, para pesepeda akan menempuh jarak 123 kilometer dari Sarmi ke Bonggo, di bagian utara Papua. Rombongan dipimpin oleh Road Captain Marta Mufreni, dibantu beberapa marshal yang bertugas menjaga agar peserta tetap berada dalam kelompok dan tidak terpisah terlalu jauh.

Jelajah Sepeda Papua menempuh jarak sekitar 513 kilometer dan dibagi menjadi lima etape dengan waktu lima hari. Berangkat dari Sarmi, pesepeda akan menuju Bonggo pada etape pertama. Di Bonggo para peserta akan bermalam di tenda. Dilanjutkan keesokan harinya, pada etape kedua, peserta gowes dari Bonggo menuju Sentani yang berjarak 147 kilometer.

Etape ketiga menempuh jarak 85 kilometer dari Sentani ke Jayapura, sekaligus berkeliling di kota Jayapura. Etape selanjutnya adalah Jayapura-Merauke-Sota. Pada etape ini pesepeda terbang ke Merauke, lalu dilanjutkan menempuh jarak 80 kilometer ke Sota, wilayah perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini.

Pada etape kelima, setelah menginap di tenda, para pesepeda akan menempuh jarak 90 kilometer dari Sota menuju kota Merauke, melewati Taman Nasional Wasur. Jelajah Sepeda Papua akan diakhiri di titik finish Lapangan Mandala Merauke.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com