Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisatawan Tiongkok Sasaran Utama Pariwisata Sumsel

Kompas.com - 04/06/2015, 12:41 WIB
Mentari Chairunisa

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Wisatawan Tiongkok kini menjadi sasaran utama Provinsi Sumatera Selatan. Selain Tiongkok, wisatawan Malaysia dan Singapura juga menjadi menjadi sasaran tetap untuk sektor pariwisata.

“Sumsel itu 60 persen dari Malaysia, 10 persen dari Singapura, paling besar ketiga itu Tiongkok,” ujar Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, saat membuka Festival Sriwijaya, di Jakarta, Rabu (3/6/2015).

Salah satu hal yang bisa memancing minat wisatawan Tiongkok, menurut Arief, adalah kebijakan bebas visa. Kebijakan ini diharapkan dapat mulai diberlakukan Juli mendatang. “Juli nanti ada bebas visa, termasuk untuk Tiongkok, karena banyak situs-situs Tiongkok ada di Sumatera Selatan,” lanjut Arief.

Selain banyaknya situs-situs Tiongkok di Sumsel, Laksamana Cheng Ho dulu juga pernah berlayar dan singgah di Sumsel. Selain itu, terdapat situs-situs sejarah dan budaya lain di Sumsel yang dapat menarik wisatawan untuk berkunjung, salah satunya dengan Festival Sriwijaya.

Dengan adanya berbagai kegiatan serta potensi wisata yang dimilikinya, Pemerintah Provinsi Sumsel optimis dapat mendatangkan 35.000 wisatawan mancanegara tahun ini. Sementara untuk wisatawan nusantara, Arief cukup puas dengan pencapaian 3,5 juta wisatawan pada tahun lalu.

Salah satu daya tarik yang diunggulkan Sumsel adalah SEA Games yang rencananya digelar pada 2018. Dengan adanya SEA Games ini, Arief berharap jumlah wisatawan mancanegara akan meningkat hingga tiga kali lipat.

“Saya harapkan jumlah wisman sekarang 35 ribu, 2018 nanti meningkat tiga kali lipat minimal 100 ribu pas SEA Games,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com