Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rujak Es Krim, Murah Tapi Bikin Ketagihan

Kompas.com - 12/06/2015, 09:17 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Di Yogyakarta ada sebuah kudapan yang cukup gampang dijumpai, yakni rujak es krim. Dan, salah satu wilayah Yogyakarta yang cukup banyak penjual rujak es krim adalah area Pura Pakulaman Yogyakarta.

Di area itu pula ada seorang pelopor pejual rujak es krim yang telah menjajakan rujak es krim sejak tahun 1990, yakni Paino. Hampir sama dengan rujak pada umumnya, yang berisikan buah-buahan, hidangan rujak es krim juga berisikan serutan mentimun, mangga, kedondong, pepaya, nanas, bengkoang, disiram dengan sambal kemudian diberi topping es krim.

Beberapa bahan baku yang digunakan untuk membuat sambalnya adalah asam jawa, kencur, gula jawa, cabai dan sedikit air. Cita rasa dari rujak es krim ini cukup unik, perpaduan rasa pedas, asam, manis dari rujak serut, berpadu dengan rasa es krim (es puter berbahan dasar santan) yang teksturnya lembut, dingin dan segar.

Hidangan ini sangat pas jika dinikmati saat kondisi cuaca sedang panas. Dengan menggunakan gerobak sederhana dan bertempat di pojokan jalan Harjowinatan, sebelah utara, Paino menjajakan rujak es krim dari pukul 09.00 hingga habis.

Biasanya pada siang hari jualan Paino sudah ludes diserbu pelanggannya. Kuliner ini dihidangkan di atas piring kecil, bila pembeli merasa kurang pedas dengan rasa rujak yang dihidangkan, tinggal ditambahkan bumbu cabai yang sudah disediakan.

Meskipun hanya berjualan di pinggir jalan, dan bagi para pelanggan yang ingin menikmati rujak es krim d itempat hanya disediakan beberapa kursi di bawah rindangnya sebuah pohon besar, tetapi tidak mengurangi para pembeli untuk menyerbunya.

Saat pertama kali berjualan rujak es krim, Paino menjualnya dengan harga Rp 100, dan saat ini untuk setiap porsi rujak es krim harganya Rp 5.000. Menjaga kualitas dagangan adalah yang membuat Paino mampu bertahan hingga saat ini di tengah terus bermunculannya penjual baru rujak es krim. Pria 53 tahun tersebut selalu menggunakan buah segar untuk bahan dasar rujaknya.

"Untuk es krimnya pun saya buat sendiri. Dan saya tidak menggunakan pemanis buatan. Sehingga rasanya lebih mantap," ujar Paino.

Selain rujak es krim, pembeli juga bisa memesan lutis, ataupun rujak tanpa es krim. Untuk lutis, harganya Rp 6.000 tiap porsinya. Lokasi Rujak Es Krim Pakualaman ini mudah sekali untuk dijangkau. Hanya sekitar 5 menit dari jantung kota Yogyakarta yaitu Malioboro. Dari Malioboro, Anda tinggal menuju arah Pura Pakualaman yang berada di sisi timur. (Laporan Wartawan Tribun Jogja, Hamim Thohari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com