Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rendang Padang Jadi Favorit di Bulgaria

Kompas.com - 16/06/2015, 07:15 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Rendang padang dan sate ayam menjadi santapan favorit dalam acara promosi "Asian Food" yang digelar di hotel berbintang di Sunny Beach Bulgaria.

"Masakan Indonesia tersebut termasuk yang habis pertama kali dan menjadi pilihan favorit para tamu di Hotel Ibero Star Sunny Beach, Bulgaria," ujar Pensobud KBRI Sofia, Dina Martina kepada Antara London, Senin.

"'Indonesian food is amazing, excellent, and delicious," demikian berbagai kesan dari sejumlah tamu hotel setelah menikmati makan malam yang disajikan pihak Hotel Ibero Star Sunny Beach Bulgaria pada akhir pekan.

Pada makan malam tersebut, di antara menu yang disajikan pihak hotel, terdapat masakan Indonesia, antara lain, sate ayam, rendang dan mie goreng. Sebanyak 350 potong rendang daging, 350 tusuk sate ayam, dan 200 porsi mi goreng disajikan malam itu.

Menurut keterangan manajer hotel itu, Hristo Karailiev, pada hari tersebut tamu hotel Ibero Star berjumlah sekitar 800 orang, terdiri dari turis Bulgaria dan turis dari berbagai negara Eropa, terutama UK, Jerman, Austria, Perancis dan Rusia.

Pujian tidak hanya dari para tamu hotel, tetapi juga kepala juru masak dan juru masak hotel. Mereka memuji kelezatan menu Indonesia dan berminat untuk mempelajari cara memasak menu Indonesia yang disajikan tersebut.

Pada promosi kuliner kali ini, KBRI Sofia mempromosikan produk mi yang dijadikan bahan dasar pembuatan mi goreng pada acara makan malam tersebut.

Hadirnya menu Indonesia pada makan malam di Hotel Ibero Star atas kerja sama KBRI Sofia dengan pihak hotel. KBRI mengirimkan dua orang chef, yaitu Marsa Basari dan Riyanti. Mereka bersama-sama juru masak hotel menyiapkan menu Indonesia.

Penyajian masakan Indonesia di Ibero Star Hotel ini adalah dalam rangka mempromosikan kuliner Indonesia di Bulgaria. Acara ini dihadiri Dubes RI dan Ibu Lia B Saptomo yang turut mencicipi rasa asli masakan Indonesia.

Untuk menarik para tamu hotel, pihak Ibero Hotel membuat program khusus, yaitu "Asian Food" pada setiap Sabtu malam. Sebelumnya, pihak hotel sering menyajikan menu Asia termasuk di antaranya nasi goreng dan mie goreng.

Ibero Star Hotel yang terletak di kota wisata musim panas, Sunny Beach merupakan salah satu hotel bintang di Bulgaria yang masuk dalam jaringan hotel terkemuka di dunia.

Menurut Manajer Hotel, sajian menu Indonesia menambah variasi menu yang disajikan dan kelezatan masakan Indonesia memberikan nilai tambah bagi promosi hotel itu sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com