Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pecinta Kuliner Wajib Kunjungi Lima Negara Ini

Kompas.com - 17/06/2015, 10:31 WIB
Mentari Chairunisa

Penulis

Sumber CNN Travel
JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi para pelancong, liburan tak hanya sekadar jalan-jalan mengunjungi obyek wisata saja. Tapi juga menjelajahi kuliner-kuliner di daerah sekitar. Bahkan, bagi pecinta kuliner, mencicipi kuliner lokal bisa jadi hal wajib untuk dilakukan.

CNN melakukan survei pembaca untuk mengetahui negara-negara mana saja yang menjadi favorit mereka untuk wisata kuliner. Negara mana saja yang menjadi pilihan favorit untuk wisata kuliner?

1. Taiwan

Makan banyak dan makan sehat. Begitulah filosofi makanan di Taiwan. Kuliner Taiwan merupakan perpaduan masakan Min Nan, Teochew, dan komunitas Tionghoa Hokkien, serta sentuhan masakan Jepang. Ibu kota Taiwan, Taipei, memiliki sekitar 20 jalanan yang dijadikan pusat jajanan. Ada juga kota tua Taiwan, Tainan, yang bahkan disebut sebagai ibu kota kuliner Taiwan. Tak hanya bao, tahu busuk, dan juga sup mi daging khas Taiwan, aneka kuliner lezat lainnya juga wajib Anda cicipi jika berkunjung ke sini.

KOMPAS.com/SRI NOVIYANTI Angus rib eye bistek, portabello confit biringhe curry ball. Sajian ini merupakan salah satu sajian utama yang disajikan pada Festival Kuliner Filipina, Linamnam!. Dalam satu porsinya terdiri dari rib eye steak ditambah ketan berwarna kuning yang memiliki cita rasa sedikit manis dan diisi dengan telur puyuh dan kismis besertatanmbahan jamur portabela dan buncis rebus.
2. Filipina

Dianugerahi hidangan laut yang melipah, aneka buah tropis, serta keterampilan memasak yang apik membuat Filipina memiliki beragam kuliner menarik selain balut, telur bebek berisi embrio berusia 15-20 hari.

Meskipun kurang begitu dikenal dibanding negara-negara Asia lain, namun dengan lebih dari 7.000 pulau dan sejarah yang memukau, Filipina memiliki aneka kuliner lezat. Salah satunya Adobo, makanan ini mudah ditemui di Filipina.

Aslinya, makanan ini berasal dari Meksiko. Hanya saja masyarakat Filipina membuat makanan yang terbuat dari daging (bisa ayam atau babi) ini dengan menambahkan cuka, garam, bawang putih, lada, kecap, dan rempah lainnya. Selain itu ada juga Lenchon. Hidangan ini umum disediakan dalam pesta-pesta dan merupakan babi panggang utuh dengan kulit renyah yang disiram dengan saus hati.

3. Italia

Makanan Italia telah menguasai selera masyarakat dunia dengan saus tomat yang lezat serta keterampilan mengolah tepung gandum dan juga krim yang menjadi bahan utama hidangan penutup mereka. Akan tetapi, terkadang perbedaan rasa mudah dijumpai antara satu restoran Italia dengan restoran Italia lainnya.

ARSIP DOYANKULINER.COM Farfalle Al Salmone, pasta dengan bentuk mirip kupu-kupu.
Keaslian resep itu yang kadang tidak diterapkan dengan baik oleh restoran-restoran itu. Tapi, tidak ada satu pun daerah di penjuru Italia yang akan mengecewakan perut Anda. Jika berencana pergi ke Sicily untuk mencicipi kelezatan arancini, jangan lupa mampir ke Napoli untuk mencoba pizza terenak di dunia. Bisa juga naik kereta menuju Modena untuk mencicipi keju parmesan terbaik di dunia.

4. Thailand

Mendapat pengaruh dari Tiongkok, Malaysia, Indonesia, Myanmar, dan tradisi kuliner kerajaan membuat makanan khas Thailand menjadi salah satu makanan terbaik di dunia. Perpaduan beragam jamu dan rempah di tiap makanannya memberikan rasa yang kompleks namun terasa senada. Makanan Thailand terkenal dengan pedas, asam, asin, manis, kenyal, renyah, dan juga berkuah dalam satu masakan.

Makanan yang cukup terkenal di semua kalangan seperti kari hijau, tumis ayam dan kacang mete (gai pad med mamuang), dan juga pad khas Thailand. Untuk sesuatu yang lebih berasa, coba makanan khas Isaan, daerah bagian timur laut Thailand. Aneka makanan seperti som tom (salad pepaya), larb moo (cincangan daging babi dengan saus lemon, kecap ikan, daun mint, bawang bombay, dan cabai) dan ko moo yang (leher babi panggang), dengan saus celupan yang sangat lezat.

KOMPAS/FRANS SARTONO 'Chef' di rumah makan Wakkoqu, Kobe, Jepang, menyiapkan sajian steik daging sapi kobe langsung di depan pesantap. Cara ini disebut teppanyaki.
5. Jepang

Sulit untuk menemukan makanan yang tidak enak di Jepang. Sebab, makanan Jepang mendapat perhatian yang sama dengan bidang perindustrian mereka yang berarti keduanya memliki kualitas yang tak perlu diragukan lagi. Makanan khas daerah atau kyodo ryori menjadi salah satu daya tarik untuk wisatawan karena hampir setiap kota memiliki makanan khasnya masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN Travel
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com