Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Denpasar Miliki 6 Desa Wisata Favorit

Kompas.com - 18/06/2015, 10:33 WIB
DENPASAR, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Denpasar, Bali, memiliki enam desa wisata yang diharapkan menjadi tujuan favorit wisatawan mancanegara dan domestik untuk mengunjungi dan menginap di tempat itu.

"Enam desa wisata yang dimiliki Pemerintah Kota Denpasar, yakni Desa Sanur Kauh, Desa Sanur Kaja, Kelurahan Sanur, Penatih, Desa Kertalangu, dan Kelurahan Serangan," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar, Wayan Gunawan, di Denpasar, Rabu (17/6/2015).

Tujuan pembentukan desa wisata tersebut, menurut Gunawan, agar terjadi pemerataan pengembangan destinasi pariwisata sehingga masyarakat setempat ikut merasakan dampak secara langsung dari adanya pariwisata tersebut.

"Dampak langsung yang nantinya dirasakan wisatawan yang mendatangi enam desa wisata itu, di mana dapat berinteraksi dengan masyarakat setempat, ikut merasakan rutinitas sehari-hari dan budaya penduduk di tempat tersebut," ujarnya.

Dengan adanya desa wisata tersebut, Gunawan berharap wisatawan dapat menginap di beberapa rumah penduduk setempat dan akan muncul aktifitas ekonomi. Selain itu, wisatawan yang mengunjungi desa wisata tersebut mendapat suatu kenangan saat berinteraksi dan mengenal budaya masyarakat setempat.

"Kenangan yang didapat wisatawan dengan mengunjugi desa wisata itu selain dalam bentuk cenderamata atau benda. Namun, kesan saat berinteraksi bersama masyarakat di desa wisata itu yang menjadi pengalaman tersendiri oleh wisatawan," ujarnya.

Apabila desa wisata itu terus berkembang secara berkelanjutan, tambah Gunawan, maka secara tidak langsung akan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com