Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menguak Rahasia di Balik Batu Secret Zoo

Kompas.com - 18/06/2015, 13:42 WIB
Kontributor Travel, Adhika Pertiwi

Penulis

BATU, KOMPAS.com - Jika Anda ingin berwisata sambil menambah wawasan pengetahuan, salah satu rekomendasi yang paling tepat adalah pergi ke Batu Secret Zoo di Kota Batu, Jawa Timur. Kebun binatang yang menempati urutan favorit ke 5 di Asia pada tahun 2014 tersebut memiliki konsep modern dengan koleksi binatang yang sangat bervariasi.

Kebun binatang yang menjadi bagian area Jatim Park 2 ini buka sejak pukul 11.00 WIB hingga 17.00 WIB, dengan harga tiket masuk Rp 75.000 saat hari biasa. Untuk akhir pekan atau saat high season harga tiket yang dikenakan adalah Rp 105.000. Harga yang dibayarkan termasuk tiket terusan ke Museum Satwa di area yang sama.

Saat akan masuk, pengunjung akan diberi tiket berupa gelang yang harus dipakaikan oleh petugas di pintu masuk. Di area pertama, Anda akan disuguhi berbagai macam primata kera dan lemur di area flying lemur. Hampir setiap kandang memiliki papan informasi yang cukup detail tentang spesies dan juga status konservasinya. Di area ini, Anda juga bisa melihat monyet terkecil di dunia.

KOMPAS.COM/ADHIKA PERTIWI Salah satu monyet terkecil di dunia yang ada di Batu Secret Zoo, Kota Batu, Jawa Timur, dapat dilihat oleh pengunjung dengan jelas dari balik dinding kaca.
Pengunjung juga akan dimanjakan karena pembatas yang dibuat untuk hewan-hewan tertentu membuat pengunjung bisa melihat lebih dekat tanpa membahayakan diri. Pengelola Batu Secret Zoo rupanya telah mempertimbangkan rute yang membuat pengunjung merasa nyaman saat menikmati tingkah hewan-hewan yang ada.

Kebun binatang yang diresmikan sejak tahun 2010 ini memiliki beberapa zona yang dibagi berdasarkan kategori hewan. Misalnya, berbagai macam reptil yang dipajang di akuarium dengan penataan interior sesuai dengan habitat aslinya bisa Anda temui di area New Reptile Garden.

Kemudian, saat berjalan ke zona Aquarium, berbagai koleksi binatang air tawar maupun air laut bisa membuat Anda terkesima. Salah satu yang unik adalah koleksi belut listrik.

KOMPAS.COM/ADHIKA PERTIWI Zona Savannah di Batu Secret Zoo, Kota Batu, Jawa Timur dibuat sedemikian rupa mirip dengan habitat asli tempat tinggal beberapa hewan seperti zebra dan rusa afrika.
Saat keluar dari zona Aquarium, Anda bisa melihat hewan jaguar, puma, dan harimau sebelum menikmati zona Savannah. Zona ini berupa sebuah lorong kaca tempat pengunjung bisa menikmati hewan-hewan Afrika dengan kondisi habitat yang dibuat semirip aslinya. Pengunjung juga diajak untuk menambah wawasan dengan media interaktif tentang hewan di savannah ini.

Pasar Afrika adalah rute yang akan Anda lewati selanjutnya, yaitu lingkungan yang dibuat sedemikian rupa agar seperti kondisi pasar di benua tersebut. Di area ini, Anda juga bisa memberi makan gajah dengan tangan di jam-jam yang telah ditentukan.

Zona selanjutnya adalah Fantasy Land dan Adventure Land. Di area ini pengunjung anak-anak akan dimanjakan dengan berbagai macam wahana permainan seru termasuk kolam bermain air yang sangat menarik. Anda juga bisa mencoba tur River Adventure sambil melihat replika Kapal Nabi Nuh dengan berbagai macam patung hewan di atasnya.

KOMPAS.COM/ADHIKA PERTIWI Hotel Pohon Inn merupakan hotel berbentuk pohon raksasa yang ada di lokasi Jatim Park 2.
Puas menikmati banyak wahana, Anda masih akan dimanjakan dengan tingkah laku berbagai hewan unik seperti beruang hitam, badak putih afrika, serigala, dan berakhir di zona Tiger Land.

Di area terakhir ini, Anda akan melihat hewan-hewan yang dikenal sebagai raja rimba seperti harimau dan singa yang ditempatkan di kandang terbuka yang cukup luas. Tetapi Anda bisa tenang, dinding kaca yang tebal membatasi interaksi Anda dengan hewan buas tersebut tanpa harus kehilangan momen untuk menikmati tingkah laku mereka.

Jika belum puas menikmati dan menguak rahasia kebun binatang ini, Anda bisa melengkapi liburan Anda dengan menginap di Hotel Pohon Inn, yaitu hotel yang terletak di depan Batu Secret Zoo dengan desain bangunan yang mirip bentuk pohon raksasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com