Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan Murah di Paris? Tempat Ini Wajib Dikunjungi

Kompas.com - 19/06/2015, 16:32 WIB
Mentari Chairunisa

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Paris menjadi salah satu kota yang paling banyak dikunjungi wisatawan dunia. Banyak faktor yang membuat Paris ramai dikunjungi wisatawan, seperti Menara Eiffel yang ikonik, makanannya, dan juga wine. Kota ini bahkan jadi tujuan para pasangan untuk berbulan madu atau sekadar liburan bersama keluarga. Di balik itu semua, mahalnya akomodasi di sana sudah jadi rahasia umum. Namun, penginapan serta restoran-restoran baru ini bisa membuat liburan Anda ke Paris jadi lebih murah. Penasaran?

Penginapan

Baru-baru ini, beragam hotel mewah seperti Shangri-La, Peninsula, dan La Reserve dibuka di Paris, termasuk Hilton Paris Opera. Tapi, bila hotel-hotel mewah itu menyediakan kamar dengan harga sekitar 700 dollar AS per malam, Hilton Paris Opera menawarkan kamar dengan harga lebih murah mulai 294 dollar AS per malamnya.

Selain Hilton Paris Opera, penginapan murah lainnya adalah Generator Paris. Bila Hilton Paris Opera memberikan sensasi menginap dengan arsitektur klasik nan dramatis layaknya hotel-hotel mewah, Generator Paris memberikan kesan lebih minimalis yang dibalut dalam sebuah hostel mewah. Meskipun melabeli dirinya sebagai hostel mewah, namun sebuah kamar dengan teras luar lengkap dengan hammock bisa dinikmati mulai 73 dollar AS per malam.

Tempat Makan

Tidak lengkap rasanya jika ke Paris tanpa menjajal restoran-restoran di sana. Namun, keterbatasan biaya bisa jadi penghalang liburan impian Anda. Untungnya, para pelancong kini punya alternatif restoran ikonik yang tidak akan membuat kantong bolong. Relais Louis XIII merupakan restoran bersejarah di arrondissement 6 yang menawarkan menu set makan siang, mulai dari makanan pembuka, makanan utama, hingga makanan penutup, hanya dengan 59 dollar AS per orang. Meskipun masih terlihat mahal, tapi jika dibandingkan tempat lain biasanya menawarkan paket serupa seharga 70 dollar AS.

Selain itu, Frenchie To Go juga bisa dijadikan pilihan. Tempat makan ini merupakan versi kedai dari Bistro Frenchie milik Chef Gregory Marchard. Makanan yang disajikan terdiri dari makanan yang memang nyaman untuk dimakan sambil jalan, seperti sandwich, fish and chips, donat, dan bir jahe yang rata-rata dihargai dengan 13 dollar AS. Meskipun dimakan sambal berjalan, namun kesan mewah tetap ada dari nama besar Bistro Frenchie.

Bagi yang ingin menghabiskan waktu di bar, CopperBay bisa dijadikan pilihan. Di sini, segelas cocktail bisa dinikmati mulai 10 dollar AS. Terbilang murah untuk cocktail di Paris yang biasanya dihargai 20 dollar AS per gelas. Selain CopperBay, sebuar bar kecil bernama Charlie juga menyediakan cocktail murah. Berada di arrondissement 12, Charlie menawarkan segelas cocktail hanya dengan 6 dollar AS saat happy hour.

KOMPAS/PUTU FAJAR ARCANA Sunset pada awal musim gugur di Paris, Perancis.
Atraksi Wisata

Beragam atraksi wisata yang tergolong murah juga tersedia di Paris. Seperti Louis Vuitton Foundation. Museum yang terletak di arrondissement 16 ini memiliki desain arsitektur dan seni yang wajib untuk dilihat. Hanya dengan 15 dollar AS, pengunjung sudah bisa menikmati aneka koleksi seniman seperti Mark Rothko, Jean-Michel Basquiat. Jeff Koons, Damien Hirst, dan Takashi Murakami.

Selain Louis Vuitton Foundation, Anda juga bisa mengunjungi Musée d’Orsay dan Louvre secara gratis. Kunjungi kedua museum ini pada hari Minggu pertama setiap bulan. Tapi, pengunjung harus siap-siap antre panjang untuk bisa masuk secara gratis di dua museum ini.

Atraksi wisata lain adalah kelas memasak gratis dari Federation Francaise de Cuisine. Nantinya, peserta akan belajar aneka resep masakan Perancis setelah sebelumnya diajak berbelanja di pasar dan bazar sekitar Paris dan berkesempatan untuk menjelajahi kuliner di Paris. Satu atraksi wisata murah meriah yang wajib dikunjungi adalah pasar Brocante des Abbesses. Meskipun tidak setenar Marché aux Puces de St-Ouen, pasar ini tetap menjajakan aneka barang antik dan juga barang seni di Montmartre tiap Minggu. Jangan lupa tawar-menawar sebelum Anda membeli barang di sini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com