Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyelam Bersama Hiu? Ini Lokasi-lokasi Terbaik di Dunia

Kompas.com - 19/06/2015, 21:17 WIB
Mentari Chairunisa

Penulis

KOMPAS.com - Menyelam menjadi salah satu aktivitas favorit yang dilakukan kala berlibur. Melihat ratusan ikan serta keindahan karang-karang membuat para penyelam seakan dihipnotis oleh keindahan alam bawah laut yang ditawarkan. Bahkan, tak jarang aktivitas menyelam dijadikan sebagai sarana relaksasi bagi beberapa penyelam.

Namun, bagaimana rasanya menyelam sambil memacu adrenalin? Nampaknya menyelam bersama para hiu ganas bisa untuk dicoba. Tertarik? Professional Association of Diving Instructors (PADI) merekomendasikan lokasi-lokasi selam bersama hiu berikut ini.

Pulau Cat, Bahama

Perairan tenang dan tak terjamah di sekitar Pulau Cat sungguh menarik bagi para penyelam. Hal itu termasuk topografinya yang memiliki dinding karang curam dan terumbu karang yang masih perawan. Jika menyelam di sini, Anda dijamin akan bertemu dengan hiu-hiu di sekitar perairan, seperti hiu samudra berujung putih, hiu harimau, hiu karang, hiu perawat, dan hiu lemon.

Guadalupe, Meksiko

Untuk ketegangan yang paling maksimal, cobalah menyelam di sekitar pulau vulkanis kecil di Guadalupe. Lokasi ini disebut-sebut menjadi rumah bagi populasi hiu putih. Beberapa operator selam menawarkan sangkar selam bagi para penyelam yang benar-benar ingin melihat lebih dekat dan mendapat pengalaman pribadi yang tak terlupakan bersama predator air terbesar ini.

Wilmington, Karolina Utara

Siapa sangka puing-puing kapal tanker bernama SS Papoose yang terkena serangan torpedo oleh angkatan laut Jerman pada 1942 kini menjadi tempat berkumpul kawanan hiu. Biasanya, sebanyak 5 sampai 10 hiu harimau pasir terlihat berenang di sekitar kapal karam itu.

Pulau Cocos, Kosta Rika

Untuk mencapai lokasi ini, penyelam harus menaiki kapal marina dengan waktu tempuh sekitar 32 jam. Di sana, Anda bisa melihat hiu martil, hiu ujung putih, manta, serta hiu paus. Jangan kaget bila paus bungkuk dan paus pilot juga ikut muncul di tempat ini. Untuk dapat menyelam di sini, Anda harus memiliki sertifikat selam terlebih dahulu sebab beberapa lokasi selam di sini cukup dalam.

Fish Rock Cave, Australia

Gua sepanjang 410 kaki ini menjadi salah satu spot selam terbaik di Australia. Gua ini memberikan pengalaman selam yang sangat menarik bahkan bagi penyelam professional sekalipun. Terletak di pesisir timur Australia, lokasi selam ini terkenal dengan hiu perawat abu-abu yang menjadikan tempat ini sebagai rumah mereka. Arus di lokasi ini bisa jadi sangat kuat sewaktu-waktu, jadi jangan lupa untuk melakukan persiapan matang.

Gansbaai, Afrika Selatan

Gansbaai bisa jadi lokasi terbaik untuk menyelam bersama hiu putih. Untuk menyelam di sini, penyelam tetap harus masuk ke dalam sangkar dan harus menggunakan baju selam utuh serta juga tutup kepala. Beberapa operator selam akan membawa Anda menyelam tanpa peralatan scuba. Meskipun terlihat berbahaya, namun hal itu bisa terbayar dengan melihat hiu putih dari dekat dan pastinya akan terekam sepanjang masa dalam memori Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com