Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Janji Naikkan Empat Kali Lipat Anggaran Pariwisata

Kompas.com - 24/06/2015, 17:38 WIB
Indra Akuntono

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Presiden Joko Widodo berjanji akan meningkatkan anggaran Kementerian Pariwisata pada tahun anggaran 2016. Hal itu disampaikan Jokowi kepada Menteri Pariwisata Arief Yahya saat memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (24/6/2015).

"Dinaikkan empat kali, tadi janji beliau (Presiden)," kata Arief seusai mengikuti rapat tersebut. (baca: Jokowi Bahas Terobosan untuk Genjot Wisatawan ke Indonesia)

Arief menuturkan, jika naik empat kali lipat, maka anggaran Kementerian Pariwisata tahun depan mencapai Rp 4 triliun. Anggaran tahun ini sebesar Rp 1,3 triliun dan telah naik dari anggaran di tahun sebelumnya yang hanya Rp 300 miliar.

Peningkatan anggaran, kata Arief, akan digunakan untuk menggenjot promosi pariwisata Indonesia di kancah dunia. Promosi dianggap hal paling penting untuk meningkatkan kunjungan wisatawan luar dan dalam negeri ke Indonesia.

Selain promosi, Arief juga ingin ada banyak perbaikan fasilitas untuk wisatawan yang datang ke Indonesia. Salah satu perbaikan fasilitas itu adalah pemberian bebas visa kunjungan. (baca: Resmi, Wisatawan dari 45 Negara Bebas Visa Kunjungan Wisata Ke Indonesia)

Ia mengungkapkan, muncul wacana untuk menambah jumlah negara yang bebas visa kunjungan ke Indonesia. Jika saat ini telah ada 45 negara yang bebas visa ke Indonesia, tahun depan direncanakan jumlahnya ditambah 30 negara.

"Jadi poin terbesarnya adalah kita lemahnya di promosi. Berkali-kali saya, Pak Presiden bilang promosi, promosi, promosi," ucap Arief.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com