Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nelayan Serangan Jadi Pemandu Wisata

Kompas.com - 30/06/2015, 11:17 WIB
DENPASAR, KOMPAS.com -Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Serangan, Denpasar Bali, berupaya memberdayakan nelayan setempat menjadi pemandu wisata di obyek wisata bahari yang ada di wilayah itu untuk menambah pendapatan masyarakat pesisir selain mencari ikan di laut.

"Keterlibatan masyarakat nelayan cukup penting terutama dalam bidang transportasi dengan menyewakan jukung (kapal kecil) mengantar wisatawan menikmati keindahan laut Pulau Serangan," kata Ketua LPM Desa Serangan, Wayan Darna, di Denpasar, Minggu (28/6/2015).

Sebelum menerjunkan nelayan dalam kegiatan kepariwisata tersebut, lanjut dia, pihaknya terlebih dahulu memberikan edukasi kepada masyarakat pesisir Pulau Serangan terkait kelengkapan alat pengaman untuk wisatawan yang hendak menyewa kapal jukung itu dan tentunya dibekali pengetahuan bahasa Inggris yang umum.

Darna menyatakan melibatkan tiga kelompok nelayan yang keseluruhan 60 orang dalam kegiatan wisata di Pantai Pulau Serangan, sehingga upaya ini terbukti membawa keuntungan kepada nelayan dalam mencari penghidupan tambahan selain menangkap ikan.

Ia mencontohkan, seperti kegiatan olahraga menyelam dan "sea walker" (menyelam sambil berjalan di tengah laut), wisatawan memanfaatkan jasa transportasi nelayan untuk melakukan kegiatan penyelaman di kawasan pantai setempat.

Menurut dia, pengelolaan potensi pariwisata olahraga air yang ada di Pantai Melasti, Desa Serangan itu mendapat dukungan masyarakat pesisir Desa Serangan dalam meningkatkan potensi destinasi wisata di Pulau itu, karena nelayan langsung sebagai subjek pariwisata.

"Selain mendapat penghasilan tambahan, nelayan juga belajar tentang bisnis kepariwisatwaan dan mendukung kemajuan pariwisata, seperti menjadi pemasok ikan ke rumah makan yang segera dibuka di Pulau Serangan ini," ujarnya.

Dengan demikian wisatawan mendapatkan hidangan ikan segar yang tentunya menjadi daya tarik tersendiri dibidang kuliner yang pada gilirannya dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada wisatawan..

"Kami juga sudah membuat konsep bersantap siang dan santap sore di atas jukung nelayan yang diyakini akan menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Serangan, namun saat ini masih mengurus tempat masak dan penerimaan wisatawan secara khusus," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com