Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Pesan Hotel Lebih Murah Secara "Online"

Kompas.com - 03/07/2015, 18:29 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com – Salah satu yang hal yang dipersiapkan oleh wisatawan adalah penginapan. Saat ini, kemajuan teknologi informasi memudahkan wisatawan untuk menemukan penginapan berupa hotel dan penginapan lain.

Hotel-hotel menyediakan layanan untuk memesan kamar secara online. Untuk mendapatkan harga menginap di kamar hotel yang murah, simak tips dari Corporate Public Relation Manager PHM Hospitality, Yulia Maria saat ditemui KompasTravel pada acara Buka Bersama Panorama Group di Jakarta, Kamis, (2/7/2015).

Pesan pada saat low season

Musim liburan adalah saat yang tepat untuk berlibur. Namun dengan demikian, tingkat hunian kamar hotel oleh wisatawan pun akan meningkat. Harga yang ditawarkan juga akan cenderung mahal. Agar mendapatkan harga yang murah, cobalah untuk memesan pada saat low season atau bukan pada musim liburan. Pada saat low season, hunian kamar hotel akan cenderung lebih sedikit dan harga yang ditawarkan akan lebih murah.

Pesan jauh sebelum keberangkatan

Setelah mendapatkan jadwal liburan, cobalah pesan jauh sebelum rencana keberangkatan. Misalnya, pesan dalam jangka waktu dua atau tiga bulan sebelum keberangkatan. Hal tersebut menghindari penuhnya tingkat okupasi kamar hotel dan menyebabkan naiknya harga hotel.

Cari hotel yang bekerja sama dengan online travel agent

Hotel-hotel kini telah banyak yang bekerja sama dengan online travel agent untuk memasarkan kamar hotel. Kerja sama tersebut merupakan salah satu strategi untuk memberikan kemudahan wisatawan untuk memesan kamar hotel. Hal itu memungkinkan wisatawan untuk mendapatkan harga promosi. Setelah itu, coba bandingkan dengan online travel agent lain untuk mengetahui harga termurah.

Cari hotel yang baru dibuka

Cara lain untuk mendapatkan harga hunian kamar hotel yang murah adalah mencari hotel yang baru dibuka. Biasanya hotel yang baru dibuka akan menawarkan harga promosi. Setelah itu coba cari di situs online penyedia pemesanan kamar hotel untuk mengetahui harga dan ketersediaan kamar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com