Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandeng Gepuk Khas Losari, Dicocol Sambal Makin Nikmat

Kompas.com - 06/07/2015, 11:27 WIB
CIREBON, KOMPAS.com - Bandeng Goreng? Mungkin sudah biasa, bandeng pepes? Mungkin juga sudah biasa. Nah saya menemukan menu yang sepertinya belum pernah saya temui di Jakarta. Namanya Bandeng Gepuk. Sudah pernah tahu? Atau bahkan sudah pernah coba?

Saya kebetulan pas mampir ke Gado-Gado Cemara lagi, di Jalan Tanah Abang V No. 36 Jakarta Pusat. Tadinya saya sedang kangen ingin membeli ikan pesmol tenggiri, tetapi karena sudah agak siang, jadi menu tersebut sudah kehabisan.

Ada menu baru di Gado-Gado Cemara, menurut pak Daniel. pemilik dari Gado-Gado Cemara ini, menu bandeng gepuk berasal dari Losari Cirebon dan sudah cukup jarang dijual, apalagi di Jakarta.

Saya memesan bandeng gepuk dan mencoba salah satu menu lain yaitu asinan sayur. Ada beberapa menu lain juga yang sudah akan masuk list kuliner berikutnya kalau saya ke Gado-gado Cemara, seperti sate ayam dan ayam goreng.

Asinan sayur berisi kol, wortel, tauge, lobak, sayur asin, kacang tanah goreng, bumbu kacang dan kerupuk mie. Sayurnya segar dan bumbu kacangnya legit dan enak, porsi asinan sayur ini cukup banyak, bisa untuk dua orang.

ARSIP DOYAN KULINER Asinan Sayur
Nah untuk menu bandeng gepuknya saya terus terang belum pernah makan, jadi menurut pak Daniel, bandeng ini 100 persen tanpa tulang. Jadi prosesnya sebenarnya cukup sulit kalau saya baca-baca dari resep pembuatan bandeng gepuk ini.

Bandeng gepuk, rasanya enak, cukup gurih, dagingnya juga karena sudah dicampur dengan bumbu-bumbu maka terasa lezat dan kalau dicocol dengan sambal pasti tambah nikmat.

Wah, saya baru saja menambah satu wawasan menu makanan khas dari daerah Losari Cirebon. Semoga makanan seperti ini tetap lestari, karena makanan khas daerah di Indonesia sangat kaya dan banyak sekali yang enak. Bagi yang belum pernah mencoba bandeng gepuk tentu saya merekomendasikan Anda untuk bisa mampir ke Gado-gado Cemara, gado-gadonya legendaris dan menu lain juga layak dicoba. Harga bandeng gepuk Rp 45.000 dan asinan sayur Rp 30.000. (Frans)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com