Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desa Wisata di Sleman Siap Sambut Wisatawan

Kompas.com - 06/07/2015, 15:12 WIB
SLEMAN, KOMPAS.com - Sebanyak 11 desa wisata di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta siap menerima wisatawan pada libur Lebaran 2015 dengan total kapasitas lebih kurang 550 wisatawan menginap.

"Para pengelola desa wisata di Sleman menyatakan kesiapannya menerima wisatawan pada libur Lebaran 2015," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Sleman, Ayu Laksmidewi, Senin (6/7/2015).

Menurut dia, di Kabupaten Sleman saat ini terdapat lebih dari 30 desa wisata, namun dari jumlah tersebut ada yang kondisinya sudah berkembang dan ada yang masih belum berkembang. "Dari jumlah tersebut, pada Lebaran ini hanya 11 desa wisata yang siap untuk menerima wisatawan," ucapnya.

Ia mengatakan, mengingat keberadaan desa wisata di Sleman dari tahun ke tahun selalu meningkat maka desa wisata juga diharapkan akan semakin menjadi alternatif kunjungan bagi wisatawan. "Desa wisata ini sangat fleksibel, bisa untuk kegiatan MICE skala kecil dan menengah seperti syawalan, arisan maupun rapat-rapat organisasi atau lembaga lainnya," tuturnya.

Ayu mengatakan, kesiapan desa wisata tersebut berupa waktu kunjungan dan kesiapan homestay untuk keperluan menginap para wisatawan. "Desa-desa wisata tersebut ada yang siap menerima tamu pada hari 'H' Lebaran, ada yang 'H+1', 'H+2' dan ada yang baru siap pada 'H+3' Lebaran," ujarnya.

KOMPAS.COM/ADHIKA PERTIWI Di sekitaran bangunan induk Candi Banyunibo, di Sleman, DI Yogyakarta, terdapat enam runtuhan candi pelengkap yang disebut Candi Perwara dan disusun rapi di bagian timur dan selatan candi.
Ia mengatakan, desa wisata yang siap menerima wisatawan tersebut yakni Desa Wisata Pentingsari, Umbulharjo, Cangkringan, Desa Wisata Tanjung, Donoharjo, Ngaglik dan Desa Wisata Dukuh, Donokerto Turi. "Ke tiga desa wisata ini siap menerima dan melayani wisatawan sejak hari 'H' Lebaran," katanya.

Sementara Desa Wisata Rumah Domes, Sumberharjo, Prambanan siap pada 'H+1', Desa Wisata Pulesari, Wonokerto, Turi siap pada 'H+2', Desa Wisata Brayut, Pendowoharjo, Ngaglik siap pada 'H+2', Desa Wisata Karanggeneng, Pakem siap pada 'H+2'.

"Sedangkan Desa Wisata Grogol, Margodadi, Seyegan, Desa Wisata Jathak II, Sidokarto, Godean, Desa Wisata Kelor Bangunkerto, Turi dan Desa Wisata Gamplong, Sumberahayu, Moyudan siap menerima wisatawan pada 'H+3'," tambah Ayu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com