Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyantap Wedang Ronde Oriental dan Bubur Sumsum Hula-hula, Nikmat...

Kompas.com - 10/07/2015, 15:21 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Saat di mana-mana booming dessert ala Taiwan dan Chinese, saya weekend kemarin menemukan penjual dessert ala Indonesia di sebuah mal. Namanya Oma Ronde, lokasinya di lantai 3 Mal Alam Sutera. Di sini selain menyediakan Indonesian Dessert, menyediakan juga Chinese Dessert dan Herbal Drink.

Tetapi bukan Chinese Dessert model sekarang, tapi lebih traditional dessert. Jadi ronde adalah salah satu makanan tradisional Tiongkok. Ronde terbuat dari tepung ketan yang dicampur sedikit air dan dibentuk bulat, direbus dan disajikan dengan kuah jahe dan air gula.

Saya memesan menu andalan di sini yaitu wedang ronde oriental dan bubur sumsum hula-hula. Menu-menu lain seperti masih lumayan ada pilihan, seperti bubur ketan hitam, bubur biji salak, bubur kacang merah, wedang kacang, sekoteng, wedang uwuh, bandrek susu, bir pletok, beras kencur dan lain-lain.

Pertama saya cicipi wedang ronde oriental, harganya Rp 22.000. Wedang ronde oriental disajikan dengan mangkuk kecil berisi wedang jahe yang cukup manis dan berisi ronde besar berisi kacang tanah yang di tumbuk dan ada juga ronde kecil-kecil tanpa isi. Kuahnya sangat terasa jahenya dan bisa menghangatkan badan. Enak, saya suka wedang ronde orientalnya.

ARSIP DOYAN KULINER Bubur Sumsum Hula-hula.
Menu kedua saya langsung menyantap bubur sumsum hula-hula, bubur sumsum yang di campur ketan hitam dan biji salak dan diberi kuah santan. Harganya Rp 21.000. Dan yang jelas saya sudah sangat lama tidak makan bubur sumsum. Hmm... rasanya manis gurih, bubur sumsum dan biji salak terasa lembut.

Nah kalau saya baca-baca sejarah bubur sumsum, itu asalnya dari Indonesia dan berasal dari Jawa, dan saya juga berasal dari Jawa Tengah, sewaktu masih kecil saya sering sekali menyantap bubur sumsum yang hanya di kasih gula jawa cair dan rasanya juga seingat saya enak.

Jadi kalau Anda pengemar wedang ronde atau bubur sumsum dan sedang berada di Mal Alam Sutera boleh mampir ke Oma Ronde ini. (Frans)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com