Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Mudik, Bekali Diri dengan Peta Mudik "Plus"

Kompas.com - 14/07/2015, 15:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu dukungan bagi semakin lancarnya tradisi lebaran, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menerbitkan peta jalur mudik resmi "plus" yang sekaligus memuat paket dan destinasi wisata di Sumatera, Jawa, dan Bali.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Esthy Reko Astuty mengatakan, peta mudik 2015 itu diterbitkan sebagai satu nilai tambah bagi para pemudik dalam menjalani tradisi mudiknya.

"Peta jalur mudik ini, bukan sekadar berisi tentang informasi perjalanan tetapi juga memuat paket wisata yang mungkin saja akan diminati pemudik," kata Esthy, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima KompasTravel.

Ia mengatakan, peta jalur mudik itu sampai saat ini sudah mulai didistribusikan sebagian besar di ibu kota Jakarta sebagai pusat konsentrasi pemudik terbesar di Indonesia.Pendistribusian yang sebagian besar di Jakarta itu dengan mempertimbangkan prediksi Kemenpar bahwa tahun ini jutaan pemudik berasal dari Jakarta.

Peta itu dilengkapi dengan harga paket-paket wisata berbagai tujuan, nomor telepon penting, daerah rawan macet, hingga tempat-tempat rekreasi meliputi pantai, taman nasional, diving area, surving area, dan pegunungan.

Untuk kepentingan itu, Kemenpar bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perhubungan, Polri, Jasa Marga, Kementerian Kesehatan, dan PT Cyberindo Aditama khususnya tim Cybermap.

Selain peta jalur mudik, pihaknya juga menyosialisasikan paket-paket wisata domestik melalui www.indonesia.travel yang merupakan salah satu portal resmi yang dikelola Kemenpar.

Di dalam situs tersebut salah satunya berisi tawaran paket tujuan wisata khususnya untuk berbagai destinasi luar Jawa dan Bali. "Kami berupaya agar mobilisasi wisatawan domestik pada musim lebaran tahun ini tidak hanya terkonsentrasi di Pulau Jawa," katanya.

Karena itu, pihaknya memastikan angkutan udara dan angkutan laut pada musim lebaran tahun ini telah siap dalam upaya memobilisasi wisatawan domestik.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com