Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erupsi Gunung Raung Bisa Berdampak pada Pariwisata Jember

Kompas.com - 16/07/2015, 18:02 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com - Pengusaha hotel dan restoran di Kabupaten Jember, Jawa Timur, mengaku khawatir debu vulkanik Gunung Raung akan berdampak terhadap menurunnya tingkat kunjungan wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara ke Kabupaten Jember.

Ketua Persatuan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) Kabupaten Jember, Teguh Suprayitno, mengatakan, pada bulan Agustus mendatang, banyak event besar yang akan digelar di Jember.

“Ada banyak event besar seperti International Jember Open Marching Competition (JOMC), kemudian Wonderful Artchipelago Carnival Indonesia (WACI), dan Jember Fashion Carnival (JFC),” ungkapnya kepada Kompas.com, Kamis (16/7/2015).

Dengan event besar tersebut, tentu akan banyak wisatawan yang akan datang ke Jember, untuk menyaksikan secara langsung sejumlah event itu.

“Yang jelas ketika banyak wisatawan yang datang, secara otomatis itu berdampak terhadap tingkat hunian hotel di Jember. Namun jika kondisi Gunung Raung terus begini, kita juga khawatir akan berdampak terhadap kunjungan wisatawan,” katanya.

Saat ini, lanjut Teguh, memang belum dirasakan dampak dari debu vulkanik Gunung Raung tersebut. “Sejauh ini moda transportasi yang terganggu di jalur penerbangan, seperti bandara di Banyuwangi dan Jember ditutup. Namun untuk jalur darat sejauh ini tidak terganggu. Semoga saja kedepan erupsi Gunung Raung bisa segera berakhir,” harapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com