Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Danau Tamblingan, Pesona Bali yang Masih Asri

Kompas.com - 18/07/2015, 12:51 WIB

SINGARAJA, KOMPAS.com - Danau Tamblingan merupakan salah satu obyek wisata di Kabupaten Buleleng, Bali. Danau ini berdampingan dengan Danau Buyan. Menurut Made Budi Astawa, salah seorang pengunjung, danau tersebut memiliki pemandangan yang asri dan masih terawat alami.

Ia datang saat Umanis Galungan, Kamis (16/5/2017), satu hari setelah hari raya Galungan. Seperti dikutip dari Antara, wisatawan domestik memadati obyek wisata Danau Tamblingan pada hari Umanis Galungan

"Umanis Galungan merupakan waktu berlibur dan bercengkrama dengan teman-teman selain sebagai hari bertemu dengan sanak keluaga," kata Made Budi Astawa.

Dia mengatakan, di sekitar danau terdapat beberapa pohon tua rindang yang terlihat memesona dan menarik dipandang mata. Selain itu, air danau yang masuk dalam wilayah konservasi itu terlihat begitu bening dan bersih.

Bukan hanya itu saja, Budi Astawa mengatakan, dirinya dapat menyaksikan kicauan burung-burung langka di sekitar hutan tropis di bagian Selatan danau yang masuk dalam wilayah Kecamatan Banjar itu.

"Kalau diperhatikan secara seksama, kita dapat mendengar suara burung-burung langka seperti burung Celalongan dan beberapa jenis burung langka lainnya," ujarnya.

Luh Arsiani, salah seorang pengunjung asal Denpasar, Bali, mengatakan ia selalu rutin berkunjung ke wilayah danau di Bali Utara itu. "Saya selalu menyempatkan diri berkunjung ke daerah danau sekitar sini, kadang kala ke danau Buyan, kadang juga kalau sempat ke danau ini," ucapnya.

Arsiani menjelaskan, danau yang berlokasi sekitar 66 kilometer dari kota Denpasar itu memiliki suasana tenang dan nyaman. Apalagi, di sekitar danau bebas dari para pedagang asongan yang kadang mengganggu aktivitas pengunjung.

"Dibandingkan dengan Danau Beratan di Kabupaten Tabanan yang lebih terkenal, saya lebih senang ke sini, meski jaraknya lebih jauh dari tempat tinggal saya," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com