Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Pantai yang Wajib Dikunjungi di Yogyakarta

Kompas.com - 19/07/2015, 15:56 WIB
KOMPAS.com - Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan destinasi wisata yang lengkap, karena di Yogyakarta mau cari budaya, arsitektur, peninggalan bersejarah bahkan Yogyakarta pun mempunyai pantai.

Letak pantai-pantai indah di Yogyakarta terletak di kawasan Gunungkidul. Di sinilah berjajar pantai-pantai yang menunggu untuk ditemukan dan dieksplor.

Beberapa waktu lalu saya pernah menulis 9 pantai terindah di Yogyakarta. Memang, biar puas mengeksplor kesembilan keindahan pantai tersebut membutuhkan waktu paling cepat 3 hari supaya puas.

Tapi bagaimana yang punya waktu sedikit liburan di Yogakarta dan tidak bisa mengeksplor semua keindahan pantai-pantai di Yogya? Memang sih DI Yogyakarta sangat luas dan banyak destinasi wisatanya. Sayang kalau waktu dihabiskan untuk ke pantai saja. Di sini saya akan merekomendasikan 5 pantai yang wajib dikunjungi ketika mampir ke Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Kabupaten Gunungkidul terkenal dengan keunikan dan daya pikatnya menyimpan sejumlah keindahan-keindahan alam seperti goa, air terjun dan pantai. Bentang alam Gunungkidul merupakan dataran tinggi dan berbukit-bukit yang didominasi batuan karst yang membentang hingga ke selatan Pulau Jawa.

Berikut adalah pantai yang wajib dikunjungi jika anda hanya punya waktu terbatas di Yogyakarta dan pantai-pantai ini cukup dikunjungi dalam 1 hari asal anda perginya pagi-pagi sekali ya biar puas.

1. Pantai Timang

Akses menuju Pantai Timang ini terbilang sulit di antara pantai-pantai lainnya di Gunungkidul, karena untuk mencapai Pantai Timang ini harus melalui jalan masuk kedalam sekitar 40 menit dan disarankan untuk mobil yang besar.

Yang unik dari Pantai Timang di antara semua pantai di Gunungkidul karena terdapat Pulau Timang yang terlihat dari atas bukit Pantai Timang. Pulau Timang ini ternyata menyimpan dan merupakan sarang lobster. Nelayan dan penduduk lokal di sini punya cara unik untuk mengambil lobster-lobster di Pulau Timang ini.

Caranya? Mereka membuat kereta gantung yang menghubungkan bukit di Pantai Timang menuju Pulau Timang, dan penghubung tali (flying fox tradisional) ini sangat unik, karena dibuat secara manual. Bagi yang ingin menyeberang ke Pulau Timang dipersilahkan untuk turis ke sana dengan biaya Rp 100.000.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com