Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengunjung Kecewa Tak Ada Atraksi Gajah di Way Kambas

Kompas.com - 20/07/2015, 10:43 WIB
SUKADANA, KOMPAS.com - Pengunjung yang ingin melihat atraksi gajah jinak terlatih di Taman Nasional Way Kambas, Kabupaten Lampung Timur kecewa dan mengeluhkan ketiadaan atraksi yang biasanya menjadi tontonan menarik di obyek wisata andalan Provinsi Lampung itu.

Sejumlah pengunjung di Taman Nasional Way Kambas, Minggu (19/7/2015), mengaku kecewa karena tidak bisa lagi menikmati hiburan berupa atraksi gajah jinak yang terlatih, termasuk tidak bisa lagi menaiki gajah jinak seperti sebelumnya.

Padahal ratusan hingga sekitar 1.000-an lebih pengunjung mendatangi Taman Nasional Way Kambas TNWK), usai Lebaran pada hari Minggu. Para pengunjung yang berencana ingin memanfaatkan liburan Lebaran hari ke-3 dengan mengunjungi pusat konservasi gajah (dulu pusat latihan gajah) di TNWK ini pun harus kembali lagi.

Namun sebagian pengunjung lainnya yang tetap bertahan, meski kecewa tetap memanfaatkan kunjungannya hanya untuk berjalan-jalan dan melihat beberapa gajah jinak yang diikat dengan rantai pada sebuah batang kayu di tengah areal obyek wisata ini. Pengunjung sedikit terhibur dengan adanya beberapa ekor gajah itu, dengan memanfaatkannya untuk berfoto-foto.

Kekecewaan pengunjung bertambah karena harus membayar cukup mahal untuk masuk ke tempat ini, meskipun atraksi gajah itu sudah tidak ada lagi. Pengunjung pengguna kendaraan roda dua dikenakan tarif Rp 25.000, sedangkan pengunjung pengendara kendaraan roda empat dikenakan tarif Rp 50.000 sekali masuk.

Salah seorang pengunjung, Purnomo (28) warga Labuhan Maringgai yang datang bersama rombongan keluarganya mengaku kecewa, karena tidak dapat menyaksikan atraksi gajah jinak seperti tahun-tahun sebelumnya.

Padahal, menurutnya, Taman Nasional Way Kambas ini adalah pilihan utama untuk dikunjungi setiap Lebaran bagi warga Lampung Timur saat ingin berlibur untuk mengunjungi taman konservasi gajah ini.

BARRY KUSUMA Taman Nasional Way Kambas
Sejumlah pengunjung lainnya juga mengungkapkan kekecewaan mereka dengan pihak pengelola Taman Nasional Way Kambas ini. Menurut mereka, seharusnya pihak TNWK jauh hari telah mempublikasikan penghentian hiburan gajah jinak di sini.

Saat dimintai keterangan melalui telepon, Kepala Seksi Tiga yang membawahi Pusat Konservasi Gajah (PKG) Taman Nasional Way Kambas, Antonius Pebri membenarkan bahwa saat ini atraksi dan hiburan gajah jinak terlatih yang biasanya dapat dinikmati oleh para pengunjung di TNWK itu telah dihentikan. "Saat ini dihentikan hiburan oleh gajah jinak ini untuk para pengunjung," ujarnya.

Namun dia tidak menjelaskan lebih rinci alasan penghentian atraksi gajah jinak yang justru menjadi daya tarik utama pengunjung ke TNWK ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com