Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Atasi "Post Vacation Blues"

Kompas.com - 23/07/2015, 16:02 WIB

KOMPAS.com - Perasaan sedih kerap muncul setelah pulang dari berlibur ke luar kota. Ketika harus kembali ke rutinitas bekerja sehari-hari, muncul post vacation blues atau kehilangan semangat paska kembali dari liburan panjang.

Tetapi, Michael "Dr. Woody" Woodward, penulis buku The YOU Plan, seperti dikutip dari Huffingtonpost.com, memiliki beberapa kiat untuk mengatasi perasaan tersebut. Ia menyarankan pelancong untuk merencanakan beberapa "liburan mini" dibanding "satu liburan besar di akhir tahun atau di pertengahan tahun".

"Rencanakan beberapa kegiatan kecil yang akan Anda nanti-nantikan," katanya. "Rancang aktivitas yang akan membuat Anda keluar dari rutinitas kerja, sehingga mampu menyegarkan Anda, membuat Anda bersemangat, dan memberikan Anda kesempatan untuk mengeluarkan stres Anda," jelasnya.

Ia menambahkan dengan selalu mengingat kegembiraan dari perjalanan terakhir Anda juga bisa membantu Anda dalam mengatasi post vacation blues.

"Lakukan sedikit diskusi. Duduk bersama pasangan dan anak-anak Anda, lalu bicarakan mengenai perjalanan terakhir kalian. Bicarakan betapa menyenangkannya perjalanan itu, juga pelajaran yang dipetik dari pengalaman tersebut," tuturnya.

Ia juga menyarankan untuk membawa kenang-kenangan dari perjalanan Anda dan letakan di meja kerja. "Sesuatu untuk Anda ingat ketika Anda merasa stres," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com