Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lempah Kuning Tenggiri Khas Bangka, Aroma Kunyitnya Menggugah Selera

Kompas.com - 25/07/2015, 10:28 WIB
PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Lempah kuning ikan tenggiri tetap menjadi sajian khas kuliner di Pulau Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Biasanya, kuliner yang satu ini dipadupadan bersama lalapan lengkap dengan rusip (ikan fermentasi), lempah kates (pepaya) dan tumis akar keladi.

Keakraban lidah  masyarakat Bangka Belitung terhadap rasa lempah kuning sangat dekat. Kuliner ini sudah menjadi menu wajib.

Jika malas masak sendiri, Warung Yu’ May di Jalan Kapten Suraiman Arief (Kampung Tengah), Pangkalpinang, menjadi lokasi favorit warga menikmati lempah kuning atau lempah keladi.

BANGKA POS/ALZA MUNZI Warung Yu’ May di Jalan Kapten Suraiman Arief (Kampung Tengah) Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung menjadi lokasi favorit warga menikmati lempah kuning atau lempah keladi.
Atau bagi pelancong yang sedang berada di Kota Pangkalpinang dan bingung mencari tempat makan khas Bangka, Warung Yu’ May direkomendasikan Tribun Travel.

Perhatikan waktu jualannya karena sejak buka pukul 08.30 sampai pukul 13.00, warung ini jarang sepi pembeli.

Citarasa lempah kuning berbahan dasar kunyit, mengundang selera makan karena manis, renyah, asam, pedas menyatu di lidah. Karena itulah alasan para penyuka kuliner mengidolakan hidangan ini.

Warung Yu' May tidak hanya soal lempah kuning, juga ada sajian pindang ikan, lalapan plus rusip, tumis keladi, tumis genjer, lempah daging kedondong, ikan asam pedas, sotong goreng dan masih banyak menu lainnya.

Selain banyak yang makan di tempat, warung ini juga melayani pemesanan dibawa pulang. Pelanggan biasanya cukup menelpon menu apa saja yang ingin dipesan, setelah selesai barulah diambil.

Selain itu tak sedikit warga Bangka yang baru datang dari luar yang ingin mengobati kerinduan menyantap makanan khas Bangka di warung ini.

Menu makanan yang disajikan warung ini fresh, Anda pun harus bersabar beberapa menit saja menunggu suguhan ikan lempah ataupun pindang dengan uap panas yang menggoda tersaji di atas meja lengkap dengan sambal terasi. Hmm... ingin mencoba? (Alza Munzi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bangka Pos
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com